BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Sugesti




Kita sadari bahwa setiap perubahan dalam lingkungan kehidupan orang dalam arti yang luas itu, memerlukan ia menyusaikan dirinya dalam lingkungan tersebut, baik dalam arti yang pasif, maupun dalam arti yang aktif. Dan pada dasarnya dari saat sampai ke saat atau aspek dari padanya senantiasa berubah-ubah.. oleh karena itu individu manusia senantiasa menjelaskan dirinya dengan lingkungan hidupnya yang senantiasa berubah-ubah itu baik secara autopastis, maupun secara aloplastis. Biasanya individu manusia itu menggunakan kedua cara penyesuaian dirinya. Sifat autoplastis adalah sifat individu yang dapat dipengaruhi oleh individu yang lain sedangkan sifat aloplastis dimana individu yang lain dipengaruhi oleh dirinya.dan factor yang mendasari hal tersebut salah satunya adalah sifat sugesti.

Sifat sugesti

Sugesti adalah apabila seseorang memberikan pandangan atau sikap dari dirinya yang lalu diterima oleh orang lain diluarnya. Sugesti sangat berperan dalam pembentukan norma-norma kelompok, prasangka-prasangka social, norma-norma susila, norma politik dan lainnya.diantara tingkah laku itu banyak diambil dari adat kebiasaan tanpa ada pertimbangan lebih lajut dari orang tua, pendidik, ataupun teman dari lingkungannya. Hal ini disebabkan karena kehidupan zaman modern demikian kompleks sehingga dengan mengambil pandangan dan tingkah laku orang lain lebih mudah dapat mereka hadapi persoalan-persoalan kehidupan sehari-hari yang semakin kompleks itu.
Sugesti dalam ilmu jiwa social adalah proses dimana seseorang individu menerima suatu cara penglihatan atau pedoman-pedoman tingkah laku dari orang lain tanpa kritik terlebih dahulu. Pertanyaannya bilakah sugesti itu lebih muda terjadi pada manusia dan apakah syarat-syaratnya terjadi sugesti ?. ada beberapa keadaan tertentu serta syarat-syarat yang memudahkan sugesti terjadi yaitu  :

a.       Sugesti karena hambatan berfikir
Dalam proses sugesti terjadi gejala bahwa orang yang dikenainya mengambil oper pandangan-pandangan dari orang lain tanpa memberinya pertimbangan-pertimbangan kritik terlebih dahulu. Orang yang kena sugesti itu menelan saja apa yang dianjurkan orang lain. Hal initentu lebih mudah terjadi apabila pada waktu dikenai sugesti berada dalam keadaan cara berpikirnya kritis atau terhambat. Hal ini terjadi apabila terjadi ransangan-ransangan emosional.

b.      Sugesti karena pikiran terpecah-pecah
Yaitu apabila pemikiran orang mengalami keadaan terpecah belah, disebabkan karena orang yang bersangkutan menjadi bingung karena dihadapkan oleh kesulitan-kesulitan hidup yang dihadapinya.

c.       Sugesti karena otoritas
Yaitu orang-orang yang cenderung menerima pandangan-pandangan atau sikap-sikap tertentu yakni pandangan-pandangan tersebut dimiliki oleh orang yang ahli dalam lapangannya. Atau menerima menerima suatu ucapan yang berasal dari ahli di bidang tersebut.

d.      Sugesti karena mayoritas
Dalam hal ini orang banyak kerap kali cenderung akan menerima suatu pandangan yang disokong oleh mayoritas baik golongan, kelompok atau pun masyarakat. Mereka cenderung menerima pandangan itu tanpa melalui pertimbangan  mereka mengikut oleh pendapat orang banyak

e.       Sugesti karena
Mengenai sugesti terdapat pyla suatu pendapat bahwa ssugesti justru membuat sadar akan adanya sikap-sikap tertentu pada orang-orang. Sehingga yang terjadi dalam sugesti itu ialah diterimanya suatu sikap pandangan tertentu karena sikap pandangan itu sebenarnya sudah terdapat padanya, tetapi dalam keadaan terpendam. Jenis sugesti semacam ini  disebut sugesti karena atau sugesti karena keinginan untuk meyakini dirinya
Pengertian Sugesti Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment