BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Filsafat dan Macam-macam Filsafat serta Kelompok Filsafat

Pengertian Filsafat dan Macam-macam Filsafat serta Kelompok Filsafat
Pengertian Filsafat 
    Dalam wacana ilmu pengetahuan sebenarnya pengertian filsafat adalah sangat sederhana dan mudah difahami. Filsafat adalah suatu bidang ilmu yang senantiasa ada dan menyertai kehidupan manusia. Dengan lain perkataan selama hidup manusia, maka sebenarnya ia tidak dapat mengelak dari filsafat atau dalam kehidupan manusia senantiasa berfilsafat. Jika seseorang hanya berpandangan bahwa materi merupakan sumber kebenaran dalam kehidupan, maka orang tersebut berfilsafat Materialisme. Jika seseorang berpandangan bahwa kenikmatan adalah merupakan nilai terpenting dan tertinggi dalam kehidupan maka orang tersebut berpandangan filsafat Hedonisme, demikian juga kalau seseorang berpandangan bahwa dalam kehidupan masayarakat dan negara adalah kebebasan individu, maka orang tersebut berfilsafat Liberalisme, jikalau seseorang memisahkan antara kehidupan kenegaraan atau kemasyarakatan dan kehidupan agama maka orang tersebut berfilsafat Sekulerisme, dan masih banyak pandangan filsafat lainnya.
    Sebelum difahami lebih lanjut tentang pengertian filsafat maka dipandang penting untuk terlebih dahulu memahami istilah dan pengertian "filsafat". Secara etimologis istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani "philein" yang artinya "cinta" dan "sophos" yang artinya "hikmah" atau "kebijaksanaan" atau "wisdom (Nasutioan 1975).
    Jadi secara harfiah istilah filsafat adalah mengandung makna cinta kebijaksanaan. Hai ini nampaknya sesuai dengan sejarah timbulanya ilmu pengetahuan yang sebelumya dibawah naungan filsafat. Jadi manusia dalam kehidipan pasti memilih apa pandangan dalam hidup yang dianggap benar, paling baik dan membawa kesejahteraan dalam kehidupannya, dan pilihan manusia sebagai suatu pandangan dalam hidupnya itulah yang disebut filsafat. Pilihan manusia atau bangsa dalam menentukan tujuan hidupnya ini dalam rangka untuk mencapai kebahagiaan dalam kehidupannya

Macam-macam Filsafat
    Jika ditinjau dari lingkup pembahasan diatas maka filsafat meliputi banyak bidang bahasan antara lain tentang manusia, masyarakat, alam, pengetahuan, etika, logika, agama, estetika, dan bidang lainnya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka muncul dan berkembang juga ilmu filsafat yang berkaitan dengan bidang-bidang ilmu tertentu, misalnya filsafat sosial, filsafat hukum, filsafat politik, filsafat bahasa, filsafat ilmu pengetahuan, filsafat lingkungan, ilsafat agama dan filsafat yang berkaitan dengan ilmu lainnya.

Kelompok Filsafat
    Dari keseluruhan arti filsafat yang meliputi berbagai masalah tersebut, maka dapat dikelompokkan menjadi dua macam yaitu sebagai berikut :

Pertama : Filsafat sebagai produk mencakup pengertian.
  • Pengertian filsafat yang mencakup arti-arti filsafat sebagai jenis pengetahuan, ilmu, konsep dari filsuf pada zaman dahulu, teori, sistem, atau pandangan tertentu, yang merupakan hasil dari proses berfilsafat dan mempunyai ciri-ciri tertentu.
  • Filsafat sebagai suatu jenis problema yang dihadapi oleh manusia sebagai hasil dari aktivasi berfilsafat. Filsafat dalam pengertian jenis ini mempunyai ciri has tertentu sebagai suatu hasil kegiatan berfilsafat yang pada umumnya proses pemecahan persoalan filsafat ini diselesaikan dengan kegiatan berfilsafat (dalam pengertian filsafat sebagai ptoses yang dinamis).
Kedua : Filsafat sebagai suatu proses mencakup pengertian
Filsafat yang diartikan sebagai bentuk suatu aktivasi berfilsafat, dalam proses pemecahan suatu permasalahan dengan menggunakan suatu cara dan metode tertentu yang sesuai dengan objek permasalahannya. Dalam pengertian ini Filsafat merupakan suatu sistem pengetahuan yang bersifat dinamis. Filsafat dalam pengertian ini tidak lagi hanya merupakan sekumpulan dogma yang hanya diyakini, ditekuni, dan dipahami sebagai suatu sistem nilai tertentu, tetapi lebih merupakan suatu aktivasi berfilsafat, suatu proses yang dinamis dengan menggunakan suatu cara dan mettode tersendiri.
Pengertian Filsafat dan Macam-macam Filsafat serta Kelompok Filsafat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment