BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Macam-macam Syafaat Allah Pada Hari Kiamat

Macam-macam Syafaat Allah Pada Hari Kiamat Setelah manusia mengalami kematian maka bukanlah akhir dari segala kehidupan akan tetapi masih menghadapi kehidupan yang hakiki yakni kehidupan di akhirat. kehidupan akhirat adalah kehidupan yang sangat menegangkan terutama pada saat manusia dikumpulkan di padang mahsyar dimana manusia saat itu tidak ada lagi saling memperhatikan tidak ada lagi saling tolong menolong, masing-masing sibuk memikirkan diri sendiri. Namun dibalik kesibukannya masih ada satu harapan yang bisa saja didapatkan oleh manusia pada saat itu yakni adanya syafaat. Pertanyaannya siapa saja yang mendapatkan syafaat itu? berikut ini macam-macam syafaat pada hari kiamat

    Ada berbagai macam syafaat yang terbesar yakni :
Pertama
Syafaat yang paling besar yang bernama syafaat  uzhma (syafaat terbesar) yang terjadi pada saat manusia dikumpulkan pada hari kiamat, setelah 50 ribu tahun manusia berdiri menunggu keputusan urusan mereka, lantas Nabi Muhammad SAW., memberikan syafaat disisi Rabnya dan memohon kepadaNya untuk memutuskan urusan mereka. Syafaat ini hanya dijanjikan untuk beliau
Kedua
Syafaat untuk meminta dibukanya pintu surga. Orang yang pertama kali minta dibukakan pintu surga adalah Nabi Muhammad saw dan umat yang pertama masuk surga adalah umat beliau.
Ketiga
Syafaat untuk sekelompo kaum yang telah diperintahkan dimasukkan ke dalam api neraka, agar tidak jadi memasukinya
Keempat
Syafaat untuk pelaku maksiat dari kalangan ahli tauhid yang telah masuk neraka, agar dikeluarkan darinya.
Kelima
Syafaat untuk meninggikan derajat sekelompok penghuni surga. Ketiga macam syafaat terakhir ini (syafaat ketiga, keempat dan kelima) tidak dikhususkan untuk nabi kita, tetapi beliau adalah yang diberi kesempatan terlebih dahulu. Setelah beliau yang memberikan syafaat adalah para Nabi, malaikat, orang-orang sholeh dan para syuhada yang mati syahid.
Keenam
Syafaat untuk sekelompok manusia agar masuk surga tanpa hisab.
Ketujuh
Syafaat untuk mendapatkan keringanan azab bagi sebagian oang kafir. Syafaat ini adalah khusus bagi Nabi untuk paman beliau Abu Thalib agar azabnya diringankan. Kemudian Allah dengan rahmatNya mengeluarkan sekelompok orang yang meninggal dunia dalam keadaan bertauhid dari api neraka, tanpa syafaat dari siapapun maka jumlah mereka tidak ada yang bisa menghitungnya kecuali Allah lalu dimasukkan kedalam syurga dengan rahmatNya.
    Demikianlah beberapa syafaat yang diberikan oleh Allah pada hari akhirat, semoga kita semua  termasuk orang yang mendapatkan syafaatNya.
Macam-macam Syafaat Allah Pada Hari Kiamat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment