BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Jenis-Jenis Tanah Yang Terdapat Di Indonesia

Iklim di Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi serta insensitas panas yang cukup tinggi. Hai ini yang mengakibatkan beragam tanah di Indonesia, dan curah hujan meruoakan salah satu faktor pembentuk tanah, selain itu tanah juga terbentuk dari faktor bantuan induk, sisa tumbuhan dan hewan, topografi serta manusia. Oleh karena itu di wilayah indonesia mempunyai keragaman faktor pembentuk tanah. Adapun keraggaman tanah atau jenis-jenis tanah yang ada di indonesia akan kita uraikan dibawah ini

Jenis-Jenis Tanah Yang Terdapat Di Indonesia
    Ada beberap jenis tanah yang terdapat di Indonesia, dan jenis tanah tersebut tersebar dibeberapa daerah di Indonesia di antaranya :

1. Tanah Aluvial
    Tanah Aluvial adalah jenis tanah yang terbentuk dari material halus dari hasil pengendapat aliran sungai. Umumnya tanah Aluvial terdapat didataran rendah atau lembab. Tanah aluvial terdapat didaerah pantai timur Sumatera, pantai utara Jawa, dan sepanjang sungai Barito, Mahakam, Musi, Citarun, Batanghari, dan Bengawan Solo

2. Tanah Andosol
    Tanah Andosol adalah jenis tanah yang berasal dari abu gunung merapi, oleh karena itu tanah andosol banyak terdapat dilereng-lereng gunung berapi, seperti di daerah Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Minahasa, dan Halmahera. Vegetasi yang bisa tumbuh pada tanah andosol pada hutan tropis adalah bambu dan rumput

3. Tanah Regosol
    Tanah regosol adalah jenis tanah yang berbutir kasar dan berasal dari material gunung berapi. tanah regosol adalah berupa tanah aluvial yang baru di endapkan. Tanah jenis ini banyak terdapat di Bengkulu, Pantai Sumatera Barat, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Material jenis tanah regosol ini berupa abu vulkanik dan pasir vulkan. Tanah regosol sangat cocok ditanami padi, tebu, palawija, dan sayuran.

4. Tanah Kapur
    Tanah kapur adalah atanah yang berasal dari batu kapur yang mengalami pelapukan. tanah kapur terdapat di perbukitan kapur Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Jawa timur, dan Sulawesi Selatan. Tanaman yang dapat hidup ditanah kapur tersebut adalah palawija dan pohon jati

5. Tanah Litosol
    Tanah litosol adalah tanah yang berbatu-batu. Materi pembentukannya adalah berasal dari batuan keras yang belum mengalami pelapukan secara sempurna. Tanaman yang dapat tumbuh pada tanah litosol yaitu rumput ternak, palawija dan tanaman keras.

6. Tanah Argosol
    Tanah argosol atau dikenal dengan tanah gambut adalah tanah yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan rawa yang mengalami pembusukan. jenis tanah ini berwarna hitam hingga coklat. Tanah jenis ini terdapat di rawa Sumatera, Kalimantan dan papua. Tanaman yang tumbuh di tanah argosol adalah karet, nanas, palawija dan padi.

7. Tanah Grumosol
    Tanah grumosol adalah tanah yang terbentuk dari material halus berlempung. jenis tanah ini berwarna kelabu hitam dan bersifat subur. Tanah ini tersebar di jawa tengah, Jawa Timur, Madura, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Selatan. Tanaman yang dapat tumbuh di tanah grumosol adalah padi, jagung, kedelai, tebu, kapas, tembakau dan jati.

8. Tanah Latosol
    Tanah latosol adalah tanah yang banyak mengandung zat besi dan aluminium, tanah ini berwarna merah hingga kuning. Tanah latosol tersebar di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan tengah, Kalimantan Selatan dan Papua. Tumbuhan yang dapat hidup pada jenis tanah latosol adalah padi, palawija, sayuran, buah-buahan, karet, cengkeh, coklat, kopi, dan kelapa sawit.
Jenis-Jenis Tanah Yang Terdapat Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment