BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Asbanun Nuzul Surah Ad-Dhuha Menurut Beberapa Riwayat Hadits

Surah Ad-Dluha adalah surah yang ke 93 dari 114 surah dalam Al-Qur'an. Surah ini diturunkan di Mekkah atau dikenal dengan istilah surah Makkiyah. Allah swt., menurunkan surah ini degan sebab dan maksud. Oleh karena ini sebab dan maksud inilah, kami akan ungkap secara detail sebab-sebab tunrunnya sesuai dengan beberapa hadits yang dilontarkan oleh beberapa perawi hadits atau ulama hadits. Namun sebelum kita kupas beberapa riwayat tentang asbabunnuzul dari surah Ad-Dhuha, kita baca dulu ayat dan terjemahan dari surah Ad-Dhuha sebagai berikut:


وَالضُّحَىٰ﴿١﴾وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ﴿٢﴾مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ﴿٣﴾وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ﴿٤﴾وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ﴿٥﴾أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَىٰوَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَىٰ﴿٧﴾وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ﴿٨﴾فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ﴿٩﴾وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ﴿١٠﴾وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

1.    Demi waktu matahari sepenggalahan naik.
2.    Dan demi malam apabila telah sunyi.
3.    Rabbmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu.
4.    Dan sesungguhnya akhir itu lebih baik bagimu daripada permulaan.
5.    Dan kelak pasti Rabbmu memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas.
6.    Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim lalu Dia melindungimu?
7.    Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung lalu Dia memberikan petunjuk?
8.    Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan lalu Dia memberikan kecukupan?
9.    Adapun terhadap anak yatim, maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang!
10.  Dan terhadap orang yang minta-minta, maka janganlah kamu menghardiknya!
11.  Dan terhadap nikmat Rabbmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).


Asbabun Nuzulnya
Ada beberapa riwayat yang membicarakan tentang sebab turunnya surah Ad-Dhuha diantaranya sebagai berikut :

    Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Rasulullah merasa kurang enak badan sehingga tidak sholat malam satu atau dua malam. Maka datanglah seorang wanita berkata kepadanya : "Hai Muhammad aku melihat syaitanmu (yang dimaksudkan syaitan oleh wanita itu adalah malaikat Jibril), telah meninggalkan engkau". Maka Allah menurunkan ayat ini yaitu ayat 1-3, yang menegaskan bahwa Allah tidak membiarkan Muhammad dan tidak membencinya. (Diriwayatkan oleh As-Syaikhani dan yang lainnya yang bersumber dari Jundud)

    Diriwayat lain dikatakan bahwa Jibril untuk beberapa lama tidak datang kepada Rasulullah saw, berkata kaum musyrikin : "Muhammad telah ditinggalkan". Maka turunlah ayat 1-3 yang membantah ucapan-ucapan mereka (Diriwayatkan oleh Said bin Mansur dan Al-Faryabi yang bersumber dari Jundud).

    Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa Rasulullah saw berhari-hari tidak di datangi oleh Jibril, maka berkatalah Ummu Jamil  istri Abu Lahab: "Aku tidak berkesimpulan lain kecuali bahwa sahabatmu (Jibril) telah meninggalkan kamu dan marah kepadamu". Maka turunlah ayat 1-3 sebagai bantahan atas anggapannya. (Diriwayatkan oleh Hakim yang bersumber dari Zaid bin Arqam)

    Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa seekor anak anjing masuk kerumah Rasulullah saw, dan tinggal di bawah ranjangnya hingga mati. Ketika itu selama empat hari Rasulullah tidak menerima wahyu. Rasulullah saw bersabda : "Hai Khaulah, ada apa dirumahku ini sehingga Jibril tidak datang kepadaku". Khaulah berkata : " Ketika aku membersihkan rummah dan menyapunya, tersapu dari bawah ranjang seekor anak anjing yang sudah mati, kemudian aku keluarkan". Ketika itu aku lihat Rasulullah saw menggetar kedinginan padahal beliau berjubah dan biasanya apabila turun wahyu, beliau biasa menggetar". Pada waktu itu turun ayat 1-5. (Diriwayatkan oleh At-Thabrani dan Ibnu Abi Syaiban di dalam musnadnya dan al-Wahidi dan lain-lainnya dengan sanad didantaranya seorang yang tidak dikenal oleh Hafsah bin Maezarah al-Qurasy dari ibunya, yang bersumber dari Ibnu Khaulah (nenek Maesarah)
Keterangan :
    Menurut al-Hafiddh ibnu Hajar : Kisah lambatnya turun yang disebabkan anak anjing itu Mahsyur, akan tetapi sebagai sebab turunnya ayat itu sangat gharib bahkan ganjil dan terbantah oleh riwayat dalam kitab shahih Bukhri.

    Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa Khadijah berkata: "Barangkali Tuhanmu marah kepadamu". ayat 1-5 ini turun . (Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Abdullah bin Syadad)

    Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa telah lama Jibril tidak datang kepada Nabi saw, sehingga beliau merasa sangat cemas. Khadijah berkata : " Aku kira Tuhanmu telah marah kepadamu karena terlihat dari kecemasanmu". (Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari 'Urwah).
Keterangan :
    Kedua riwayat Ibnu Jarir di atas, mursal akan tetapi rawi-rawinya tsiqat (kuat). Menurut Al-Hafidh  bahwa kedua riwayat itu jelas, yaitu dari Ummu Jamil untuk menyatakan dendam kesumatannya, dan dari Khadijah sebagai rasa ikut sedih dan cemas.

     Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa kepada Nabi dijanjikan kemenangan kepada ummatnya, sehingga Rasulullah saw bergembira karenanya. Ayat ini turun berkenaan dengan peristiwa itu (Diriwayatkan oleh Al-Hakim dan Al-Baihaqi di dalam kitab Ad-Dalail dan At-Thabrani dan lain-lainnya yang bersuber dari Ibnu Abbas)

    Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Rasulullah saw bersabda : "Diperlihatkan kepadaku kemenangan-kemenangan yang akan diperoleh oleh ummatku, sesudah aku (meninggal), sehingga aku merasa sangat gembira". Maka turunlah ayat 4 berkenaan dengan peristiea itu. (Diriwayatkan oleh at-Thabrani di dalam kitab al-Ausath yang bersumber dari Ibnu Abbas isnadnya hasan)
   




Asbanun Nuzul Surah Ad-Dhuha Menurut Beberapa Riwayat Hadits Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment