BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Reaksi Kimia dan Ciri-cirinya serta Cara Mendapatkan Reaksi Kimia

 Menanak nasi merupakan kegiatan yang senantiasa dilakukan dalm  rumah tangga. pernahkah memikirkan perubahan yang terjadi saat menanak nasi ???. Jika belum, cobalah sekarang kalian perhatikan, beras yang ditanak akan mengalami berbagai proses hingga berubah menjadi nasi putih dan lunak. Samakah sifat antara beras dengan nasi?. Dapatkah nasi berubah menjadi beras lagi?
Perubahan beras menjadi nasi ini disebut perubahan kimia atau reaksi kimia.Jadi perubahan kimia atau reaksi kimia adalah perubahan suatu zat yang menghasilkan zat baru yang berbeda jenis dan sifatnya. Di lingkungan tempat tinggal kalian tentu banyak contoh reaksi kimia. Coba sebutan. Bagaimanakah ciri-ciri reaksi kimia itu?

1. Raksi Kimia Menghasilkan Perubahan Warna
    Kebanyakan reaksi-reaksi kimia dapat diketahui dari peristiwa yang sering menyertainya, yang disebut ciri reaksi kimia. Apa sajakah ciri-ciri reaksi kimia itu? Untuk mengetahui jawabannya, lakukanlah aktivitas berikut.
Aktivitas 1
Bagaimana Perubahan Warna Pada Reaksi Kimia?
Reaksi Kimia adalah reaksi yang menghasilkan zat baru yang berbeda jenis dan sifatnya. Setiap reaksi kimia selalu disertai dengan berbagai ciri khusus, salah satunya adalah adanya perubahan warna.
A. Apa yang kalian perlukan?
     Sediakan alat dan bahan berikut: tabung reaksi, pipet tetes, gelas ukur, larutan kalium kromat (K2CrO4), dan larutan asam sulfat (H2SO4).
B. Apa yang harus kalian lakukan?
     Masukkan 2 ml larutan kalium kromat ke dalam tabung reaksi. Amatilah warnanya. Tambahkan beberapa tetes larutan asam sulfat ke dalamnya. (Ingat, harus diteteskan melalui dinding tabung reaksi). Amatilah Warnanya.
C. Aplikasi dan analisis
     Bagaimanakah warna larutan sebelum direaksikan dan setelah direaksikan? Jelaskan.
 Apa kesimpulan dari aktivitas 1 diatas?

 Dari percobaan di atas dapat diketahui bahwa rekasi antara kalium kromat dengan asam sulfat dapat menghasilkan perubahan warna. Warna yang terbentuk ini tentu saja berbeda dari warna sebelumnya dan tidak dapat dikembalikan lagi menjad warna asalnya. Apakah setiap reaksi kimia menghasilkan warna yang sama seperti aktivitas yang telah kalian lakukan, Kalian akan lebih paham tentang reaksi kimia yang menghasilkan perubahan warna setelah melakukan coba sendiri di samping.
Setelah melakukan beberapa perobaan di atas kalian mengetahui bahwa salah satu ciri reaksi adalah adanya perubahan warna. Dalam kehidupan sehari-hari kita juga sering menemui berbagai reaksi kimia, tetapi kita jarang memperhatikannya. Agar kalian lebih memahami tentang reaksi kimia di lingkungan kalian, lakukan tugas berikut.

2. Reaksi Kimia Menghasilkan Perubahan Suhu
Kalian sudah mengetahui bahwa salah satu ciri reaksi kimia adalah adanya perubahan warna. Apakah setiap reaksi kimia selalu menghasilkan perubahan warna? Jika tidak, perubahan apa yang ditunjukkan dalam reaksi kimia? Kalian akan mengetahui jawabannya setelah melakukan aktivitas berikut.
Aktivitas 2
Reaksi Kimia Menghasilkan Perubahan Suhu
Salah satu ciri terjadinya reaksi kimia adalah terjadinya perubahan suhu. Perubahan suhu ini ditandai dengan semakin meningkatkan suhu atau menurunnya suhu setelah reaksi berlangsung.
A. Apa yang kalian perlukan?
     Tabung reaksi, gelas ukur, dan termometer, larutan kalsium hidroksida (KOH), dan amonium klorida (NH4 CI).
B. Apa yang harus kalian lakukan?
     Masukkan 2 ml larutan kalsium hidrosikda ke dalam tabung 1. Ukurlah suhunya dengan termometer. Masukkan 2 ml larutan amonium klorida ke dalam tabung reaksi 2. Ukurlah suhunya dan catatlah hasilnya. Campurkan larutan dalam tabung reaksi 2 ke dalam tabung reaksi 1. ukurlah suhunya.
C. Apa yang kalian dapatkan?

D. Aplikasi dan Analisis
     Adakah perubahan suhu larutan sebelum dan sesudah larutan dicampurkan? Jika ada bagaimana perubahannya (naik atau turun)?
      Apa kesimpulan kalian dari percobaan tersebut? Diskusikan kesimpulan kelompok kalian dengan kelompok lain dan tulislah hasilnya dalam laporan.

      Beberapa bahan kimia diketahui dapat bereaksi dengan bahan kimia lainnya. Adanya reaski ini ditandai dengan berbagai hal, di antaranya timbulnya perubahan warna dan perubahan suhu.  Pada reaksi antara kalsium hidroksida dengan amonium klorida, terjadi perubahan suhu larutan sebelum direaksikan dengan sesudah direaksikan. Hal ini dapat diketahui berdasarkan pengukuran suhu  melalui termometer, yaitu terjadi penurunan suhu. Selain dengan termometer, kalian juga dapat mengidentifikasi perubahan suhunya melalui cara lain, yaitu merasakn suhu pada dinding tabung reaksi. Setelah kedua bahan dicampurkan maka kalian akan dapat merasakan bahwa dinding tabung reaksi menjadi lebih dingin. Hal ini menandakan telah terjadi penurunan suhu dan telah berlangsung suatu reaksi kimia.
      Selain penurunan suhu dapatkan suatu reaksi kimia menyebabkan kenaikan suhu? Untuk mengetahui jawabannya, lakukanlah coba sendiri di samping.
      Sekarang kalian telah mengetahui bahwa reaksi kimia dapat menghasilkan penurunan dan kenaikan suhu? Untuk menguji kepahaman kalian, lakukanlah tugas berikut. 

3. Reaksi Kimia Menyebabkan Terbentuknya Endapan
    Selain menghasilkan perubahan warna dan perubahan suhu, reaksi kimia dapat juga menyebabkan terbentuknya endapan . Endapan sebagai hasil reaksi biasanya berada di dasar tempat berlangsungnya reaksi. Seperti apakah endapan yang dihasilkan suatu reaksi kimia? Lakunlah aktivitas berikut agar kalian dapat mengamati secara langsung.
Cara reaksi kimia menghasilkan endapan
Berlansungnya suatu reaksi kimia dapat ditandai dengan terbentuknya endapan, dan endapan sebagai hasil reaksi dapat diamati di dasar tempat berlansungnya reaksi dengan cara sebagai berikut :

  • sediakan tabung reaksi, gelas ukur, dan pipet tetes, terutama pada perat nitrat (NaC1)
  • masukkan 2 perak nitrat kedalam tabung raksi dan amati. Tambahkan 2 ml larutan garam dapur kedalamnya. Amati keadaan larutan setelah dicampurkan
  • dapatkah kalian menemukan adanya endapan dalam tabung reaksi, bagaimana ciri reaksi endapan tersbeut dan apa kesimpulan dari percobaaan tersebut dan apa kesimpulan dari percobaan tersebut
Sesaat setelah campuran perak nitrat dicampurkan  dengan larutan garam dapur, atau natrium klorida, kita akan mendapatkan larutan yang keruh. Setelah beberapa saat, akan terbentuk endapan putih di atas tabung reaksi. Endapan putih ini terbentuk akibat reaksi kimia antara kedua larutan, membentuk perak klorida yang merupakan senyawa baru dan tidak dapat dirubah menjadi senyawa-senyawa semula. Reaksi yang terjadi adalah AgNO3 + NaCI     AgCI + NaNO3 dapat menghasilkan senyawa baru setelah beraksi dengan senyawa lain ?. Tentu saja ada dan jumlahnya pun banyak>salah satunya mungkin sudah pernah kalian lihat atau bahkan kalian lakukan agar kalian ingat maka lakukanlah cara tersebut diatas.
4. Reaksi Kimia Menghasilkan Gas
Setelah ciri-ciri yang kalian sebutkan, masih ada satu lagi ciri yang menyertai reaksi kimia dan untuk mengetahui ciri yang dimaksud, maka lakukanlah aktivitas sebagai berikut :
Cara rekasi kimia menghasilkan gas
Salah satu ciri dari terjadinya reaksi kima adalah terbentuknya gas, terbentuknya gas hasil reaksi ini dapat diamati dengan keluarnya gelembung udara dalam larutan. Caranya sebagai berikut
  • sediakan tabung reaksi, pipet tetes, gelas ukur, larutan HCI  (asam klorida), pita magnesium, dan ampelas :
  • potonglah pipa magnesium sepanjang 1 cm kemudian bersihkan dengan amplas sampai putih mengkilat. Masukkan 2ml larutan HCI kedalam tabung reaksi. Masukkan pita magnesium yang telah dibersihkan kedalam larutan tersebut, amati apa yang terjadi dan catatlah hasilnya.
Berdasarkan percobaan diatas, dapat diketahui bahwa larutan HCI (asam klorida) bila ditambahkan pita magnesium kedalamnya, maka akan terbentuk gelembung-gelembung udara. Gelembung udara ini timbul akibat eaksi dari 2 bahan kimia tersebut. Reaksi yang terjadi adalah 2HCI(aq) + Mg(s)  MgCI2(aq)+ H2(g) , ditinjau dari persamaan reaksi tersbut maka gelembung udara yang terbentuk adalah gas hidrogen.
Untuk lebih mengetahui lebih lanjut, pernahkah kalian meminum obat tablet yang dilarutkan kedalam air, misalnya vitamin Cyang berdosis tinggi. Pelarutan tablet kedalam air dikenal dengan istilah efferfescent. Jika belum pernah, maka perhatikanlah gambar di samping. Peristiwa pelarutan pada gambar disamping menghasilkan gelembung-gelembung udara dalam air. Artinya pada proses ini menghasilkan gas. sehingga peristiwa ini dikatakan sebagai reaksi kimia.

Dari beberapa percobaan diatas, maka dapatlah diambil suatu kesimpulan bahwa antara berbagai bahan kimia, dapat menghasilkan zat baru melalui reaksi kimia dan adapun ciri-cirinya terjadinya reaksi kimia adalah dengan adanya perubahan warna, perubahan suhu, pembentukan endapan, dan terbentuknya gas.




Pengertian Reaksi Kimia dan Ciri-cirinya serta Cara Mendapatkan Reaksi Kimia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment