BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Asbabun Nuzul Surah Al-An'am Menurut Para Ulama Ahli Tafsir


Asbabun Nuzul Surah Al-An'am Menurut Para Ulama Ahli Tafsir

SURAT A L - A N ' A M
(Binatang ternak)

Surah Al-An'am adalah salah satu surah yang terdapat dalam Al-Qu'ran, dimana surah tersebut diturunkan oleh Allah sesudah turunnya surah Al-Hijir. Surah Al-An'am diturunkan oleh Allah dengan 165 ayat yang diturunkan di Mekah. Namun dari 165 ayat tersebut ada beberapa ayat yang diurunkan di Madinah diantaranya ayat 20, 23, 91 , 93 , 114 , 141 , 151 , 152 , 153. Adapun sebab diturunkannya surah tersebut adalah sebagai berikut :
Para ulama mengemukakan tentang Asbabun Nuzul surah surah Al-An'am ini diantaranya :

AlAufi,Ikrimah, dan Ata telah meriwayatkan dari Ibnu Abba s, bahwa surat Al-An'am diturunkan di Mekah. Imam Tabrani mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ali ibnu Abdul Aziz, telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibnu Minhal, telah menceritakan kepada kami Hamma d ibnu Salamah, dari Ali ibnu Zaid, dari Yusuf ibnu Mahran, dari Ibnu Abba s yang mengatakan bahwasurat Al-An'am diturunkan di Mekah di malam hari sekaligus, di sekelilingnya terdapat tujuh puluh ribu malaikat, semuanya mengumandangkan tasbih di sekitarnya.

⇰Sufyan AsSauri telah me r iwaya tkan dari Lais, dari Syahr ibnu Hausyab, dari Asma binti Yazid yang mengatakan, "Surat Al An'am diturunkan kepada Nabi S aw. sekaligus, sedangkan saat itu aku memegang tali kendali untanya. Sesungguhnya hampi r saja surat ini mematahkan tulangtulang unta yang dinaikinya karena beratnya surat AlAn'am yang sedang diturunkan." 

⇰Syarik telah meriwayatkan dari Lais, dari Syahr, dari Asma yang mengatakan bahwa "surat Al An'am diturunkan kepada Rasulullah Saw. ketika beliau sedang dalam perjalanannya dengan diiringi oleh sejumlah besar malaikat; jumlah mereka menutupi semua yang ada di antara langit dan bumi" . 

⇰AsSaddi telah mer iwayatkan dari Murah , dari Abdullah ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa "surat Al An'am diturunkan dengan diiringi oleh tujuh puluh ribu malaikat Hal yang semisal telah diriwayatkan pula melalui jalur lain, bersumber dari Ibnu Mas'ud . 

⇰Imam Hakim di dalam kitab Mustadrakny& mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Abu Abdullah Muhammad ibnu Ya 'qub AlHafiz dan Abui Fadl, yaitu AlHasan ibnu Ya'qub AlAdi; keduanya mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Abdul Wahhab AlAbdi, telah menceritakan kepada kami Ja'far ibnu Aun, telah menceritakan kepada kami Ismail ibnu Abdur Rahman AsSaddi, telah menceritakan  kepada kami Muhammad ibnul Munkadir, dari Jabir yang mengatakan bahwa ketika surat Al An'am diturunkan, Rasulullah Saw. membaca tasbih, kemudian bersabda: Sesungguhnya surat ini diiringi oleh para malaikat (yang j umlahnya) menutupi cakrawala langit.

⇰Imam Hakim mengatakan bahwa hadis ini sahih dengan syarat Imam Muslim. Abu Bakar ibnu Murdawaih mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ma'mar, telah menceritakan kepada kami Ibrahim ibnu Durustuwaih AlFarisi, telah menceritakan kepada kami Abu Bakar ibnu Ahmad ibnu Mu h amma d ibnu Salim, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Fudaik, telah menceritakan kepadaku Uma r ibnu Talhah ArRaqqasyi, dari Nafi* ibnu Malik ibnu Abu Suhail, dari Anas ibnu Malik yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Surat AlAn 'om diturunkan dengan diiringi oleh sejumlah malaikat yang banyaknya menutupi semua yang ada di cakrawala timur dan barat. Suara gemuruh tasbih mereka terdengar, dan bumi bergetar karenanya.
Sedangkan Rasulullah Saw. sendiri mengucapkan: Mahasuci Allah Yang Mahaagung, Mahasuci Allah Yang Mahaagung.

⇰Ibnu Murdawaih meriwayatkan dari Imam Tabrani, dari Ibrahim ibnu Nailah, dari Ismail ibnu Uma r , dari Yusuf ibnu Atiyyah, dari Ibnu Aun, dari Nafi', dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Surat AlAn 'om diturunkan kepadaku sekaligus, dan diiringi oleh tujuh puluh ribu malaikat, dari mereka terdengar suara gemuruh karena bacaan tasbih dan tahmid.


Asbabun Nuzul Surah Al-An'am Menurut Para Ulama Ahli Tafsir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment