BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

PENGERTIAN PENYARINGAN ( SCREENING ) DAN KEGUNAANNYA SERTA MANFAATNYA

PENGERTIAN PENYARINGAN ( SCREENING )   

    Penyaringan (Screening) merupakan suatu upaya utnuk menyeleksi orang-orang yang tampak sehat, tidak menderita terhadap suatu penyakit tertentu, dari suatu populasi tertentu. Penyaringan ini merupakan suatu usaha untuk menditeksi penderita penyakit tertentu yang tanpa gejala (tidak tampak) dalam suatu masyarakat atau suatu kelompok tertentu dengan melakukan suatu tes / pemeriksaan yang secara singkat dan sederhana dapat memisahkan mereka yang sehat terhadap mereka yang kemungkinan besar menderita. Mereka yang dianggap positif selanjutnya diproses melalui diagnosa selengkapnya dan mendapat pengobatan yang sesuai.
     Untuk suatu penyaringan diperlukan suatu alat uji saring, biasanya berupa suatu alat uji laboratorium yang mempunyai validitas yang tinggi. Validitas disini yang meliputi sensitifitas dan spesifitas yang tinggi sehigga mereka dinyatakan positif adalah mereka yang benar-benar sakit.
     Penyaringan (Screenig) adalah upaya terorganisasi pada masyarakat yang tampak sehat untuk menditeksi kelainan ataupun faktor resiko yang tidak disadari keberadaannya.
 1. Pengertian Penyaringan  ( Nur Nasry Noor ,2000 )
     Penyaringan adalah suatu usaha untuk mendeteksi/mencari penderita penyakit tertentu yang tampak gejala (tidak tampak) dalam suatu masyarakat atau kelompok tertentu melalui suatu tes/pemeriksaan, yang secara singkat dan sederhana dapat menisahkan mereka yang sehat terhadapa mereka yang kemungkinan besar menderita, yang selanjutnya diproses melalui diagnosa dan pengobatan penyaringan bukan diagnosa, sehingga hasil yang didapat betul-betul didasarkan pada hasil pemeriksaan hasil tertentu sedangkan kepastian diagnosa klinik yang ditakutkan kemudian.
2. Pengertian Penyaringan ( Syahril, 2006 )
    Indikasi sangkaan terhadap terhadap suatu peyakit atau kelainan yang tidak dikenal dengan menggunakan tes, pemeriksaan atau prosedur lainnya yang dapat digunakan dengan cepat untuk membedakan pada orang sehat apakah ia mempunyai kemungkinan sakit atau tidak.
    Ketentuan uji saring berarti suatu cara penentuan dan suatu individu untuk mendapatkan pengobatan dini, dimana pengobatan ini sangat memungkinkan dan efektif untuk deteksi suatu keadaan yang sangat bermanfaat bagi seseorang.

KEGUNAAN PENYARINGAN ( SCREENING)

    Screning digunakan pada berbagai penelitian, secara khusus disini screening digunakan pada penyaringan terhadap semua jenis penyakit baik itu menular maupun tidak menular. Adapun penyakit menular seperti HIV, yang mana penyakit ini kebanyakan disebabkan oleh pergaulan bebas. Dan adapun penyakit yang tidak menular seperti diabetes, penyakit kronis ini disebabkan oleh karena peningkatan kadar gula dalam darah akibat kekurangan hormon insulin baik absolut maupun relatif. Yang dimaksudkan absolut berarti tidak ada insulin sama sekali, sedangkan yang dimaksud relatif berarti jumlahnya cukup / memang sedikit tinggi atau daya kerjanya kurang. Hormon insulin dibuat dalam pankreas.

TUJUAN PENYARINGAN ( SCREENING )

    Adapun tujuan dilakukannya penyaringan adalah :

  1. Untuk mendapatkan mereka yang menderita sedini mungkin sehingga dapat memperoleh segera pengobatan
  2. Untuk mencegah meluasnya penyakit dalam masyarakat 
  3. Untuk mendidik dan membiasakan masyarakat untuk memeriksa kesehatan sedini mungkin 
  4. Untuk mendidik dan memberikan gambaran kepada petugas kesehatan tentang sifat penyakit dan untuk selalu waspada melakukan pengamatan terhadap gejala dini
  5. Untuk mendapatkan keterangan epidemiologi yang berguna bagi klinis dan peneliti
  6. Untuk mengetahui sensitifitas, spesifitas, nilai duga positif, nilai duga negatif prevalensi dan ketepatan (Akurasi)
    Ketika kita ingin mengetahui informasi dari uji saring dan uji diagnostik kita harus percaya bahwa informasi yang akan diperoleh lebih bernilai dan biaya dikeluarkan untuk melakukan pengujian ini. Nilai suatu hasil tes tergantung kepada ketepatan dan sejauh mana hasil tes ini dapat mempengaruhi perjalanan penyakit  (membuat orang menjadi sehat).
    Ketepatan suatu tes tergantung kepada reabilitas (keadaan yang dapat dipercaya) dimana apabila tes ini di ulang kembali akan memberikan hasil yang sama dan validitas  (berlakunya) yaitu sejauh mana pengukuran ini berlaku  (dapat digunakan).
PENGERTIAN PENYARINGAN ( SCREENING ) DAN KEGUNAANNYA SERTA MANFAATNYA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment