BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

KONSEP DASAR TIMBULNYA PENYAKIT

KONSEP DASAR TIMBULNYA PENYAKIT   
     Penyakit merupakan salahsatu gangguan kehidupan manusia yang telah dikenal sejak dahulu.Pada mulany paling, konsep terjadinya didasarkan pada adanya gangguan makhluk halus atau karena kemurkaan  dari yang maha pencipta. Hingga saat ini,masih banyak kelompok masyarakat di negara berkembanga yang menganut konsep tersebut. Dilain pihak masih ada gangguan kesehatan/ penyakit yang belum jelas penyebabnya, maupun proses terjadinya.
    Pada tahap berikutnya, Hippocrates telah mengembangkan teori bahwa timbulnya penyakit disebabkan  oleh pengaruh lingkungan yang meliputi air, udara, tanah, cuaca, dan lain sebagainya. Namun demikian dalam teori tidak dijelaskan bagaimana kedudukan manusia dalam intraksi tersebut serta tidak dijelaskan tentang faktor lingkungan bagaimana yang dapat menyebabkan penyakit.
    Pada kehidupan masyarakat Cina dikenal pula teori terjadinya penyakit yang timbul karena adanya gangguan keseimbangan cairan dalam tubuh manusia  (teori humoral). Dalam teori ini dikatakan bahwa dalam tubuh manusia ada empat macam cairan yaitu, putih, kuning, merah, dan hitam. Bila terjadi gangguan keseimbangan tersebut, akan menimbulkan penyakit tertentu, tergantung pada jenis cairan mana yang bersifat dominan.
    Kemudian bekembang teori terjadinya penyakit karena sisa makhluk hidup yang mengalami pembusukan sehingga meninggalkan pengotoran  udara dan lingkungan sekitarnya. Teori ini terutama pada abad pertengahan dan pada waktu itu lebih mengarah pada kebersihan lingkungan terhadap sisa-sisa peninggalan makhluk hidup. Salah satu contoh pengaruh teori tersebut adalah timbulnya penyakit malaria yang dikira karena sisa-sisa pembusukan binatang dan tumbuhan yang ada di rawa-rawa (malaria artinya daerah yang jelek) dan masih ada massyarakat yang menganut teori tersebut.
    Akhirnya pada akhir-akhir abad selanjutnya, terjadi perubahan yang cukup besar dalam konsep terjadi penyakit, dengan didapatkannya mikroskop, sehingga konsep penyabab penyakit beralih kejasad renik. Perkembangan selanjutnya mengantar para ahli kearah hormonal yang semakin berkembang. Pada saat ini orang mulai optimis dalam menghadapi berbagai penyakit dengan antibiotika, sistem imunitas, dan lain sebagainya.

    Ternyata setelah penyakit menular mulai dapat diatasi pada negara-negara maju, muncullah berbagai penyakit menahun/tidak menular yang unsur dan faktor penyebabnya sangat berkaitan erat dengan fatal tubuh, mutasi dan sifat resistensi tubuh dan pada umumnya terdiri dari berbagai faktor yang saling kait mengait. Keadaan ini sangat erat hubungannya dengan berbagai pengamatan epidemiologi terhadap gangguan kesehatan. Dan pada saat ini, teori tentang faktor penyebab yang berperan dalam proses kejadian penyakit yang dikembangkan melalui teori ekologi lingkungan yang didasarkan pada konsep bahwa manusia berinteraksi dengan berbagai faktor penyebab dalam lingkungan tertentu dan pada keadaan tertentu akan menimbulkan penyakit tertentu pula.
KONSEP DASAR TIMBULNYA PENYAKIT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment