BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Jenis dan Alat Musik Daerah Jawa serta Keunikan Musiknya

Musik daerah terutama musik daerah setempat adalah merupakan musik yang lahir dari budaya daerah itu, atau daerah setempat yang mempunyai ciri khas tersendiri disetiap daerah, terutama pada alat musiknya serta lagu yang dinyanyikan yang sifatnya sangat sederhana dan kedaerahan. Dari beberapa daerah yang mempunyai musik dan alat musik yang unik adalah termasuk daerah Jawa yang memiliki keunikan musik dan alat musiknya. Berikut ulasan musik Nusantara terutama di daerah Jawa.

1. Musik Daerah Jawa Barat.

    Daerah Jawa Barat adalah salah satu daerah yang mempunyai banyak ragam musiknya serta mempunyai ciri tersendiri. Keragaman ini dapat dilihat dari instrumen yang digunakan. Adapun musik daerah Jawa Barat antara lain sebagai berikut :
a. Musik angklung
    Angklung adalah alat musik bambu yang dikerat. Alat musik ini ukurannya bermacam-macam. Angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan perpasang atau dalam sebuah rak. Setiap padsang angklung terdiri atas dua, tiga, atau 4 potong bambu. Menurut sejarah, bahwa musik  angklung dimainkan untuk memeriahkan pesta menuai padi di sawah, mengarak pawai padi sebelum dimasukkan ke lumbung dan untuk mengiringi upacara adat istiadat.
b. Musik Calung
    Calung adalah musik bambu yang dikerat. Satuan-satuannya mirip atau sama dengan satuan-satuan angklung. Susunan berenteng dari beberapa bilah nada. Calung dimainkan sambil berjalan dengan satu pemukul dan kalau dimainkan ditempat maka memakai dua pemukul. Tangga nada yang dipakai adalah tangga nada pantotonik.
c. Arumba
    Arumba adalah alunan rumpun bambu.Musik arumba hapir sama dengan angklung. Bedanya arumba dilengkapi dengan susunan bambu yang mirip gendang. Arumba dibunyikan dengan cara di pukul, sedanggkan jumlah pemainnya lebih sedikit dari pada musik angklung.
d. Tarling
    Tarling adalah musik daerah yang berasal dari cirebon. Terling diambil dari singkatan gitar dan suling, kedua alat musik ini adalah dua alat musik yang dominan ysng dipsksi pada kesenian ini. Tarling digunakan untuk mengiringi lagu-lagu yang berciri khas Cirebon.
e. Musik Degung.
    Gegung adalah seperangkap musik gemelan yang mempunyai ciri tertentu dalam musinya. Pada jaman dahulu musik degung digunakan untuk mengiringi upacara adat atau keagamaan. Namun diera modern gemelan digunakan untuk mengiringi gending karesmen, sendratari dan hiburan.
f. Musik Gending Cianjuran 
    Gending Cianjuran adalah jenis musik yang menonjolkan ciri khas Cianjur. Musik ini dugynakan untuk sarana hiburan para bangsawan Sunda dan nyanyiannya diiringi dengan kecapi, suling dan rebab.

2. Musik Daerah Jawa Tengah

    Musik daerah Jawa Tengah adalah gemelan. Berdasarkan larrasnya, gemelan dibedakan menjadi dua, yaitu gemelan laras slendro dan gemelan laras pelog.
a. Laras slendro adalah tangga nada pentatonis, yang menggunakan nada 1 2 3 4 5 6 1 (dibaca : ji ro lu mo nem ji). Ciri khas tangga nada ini adalah jarak nadanya lebih besar dari pada nada do re mi. Jenis tangga nada ini memberi kesan gembira, ringan, dan lincah.
b. Laras pelog adalah tangga nada pentatonis yang menggunakan nada 1 2 3 4 5 6 7 ( yang dibaca : ji ro lu pat ma nem pi ). Jenis tangga nada ini memberi kesan tenang dan luhur.
    Pada awalnya, gemelan digunakan untuk mengiringi pagelaran wayang kulit dan wayang panji sekarang, dan gemelan digunakan untuk mengiri bermacam-macam acara, seperti : wayang orang, ketoprak, tari-tarian, klonengan, upacara sangetan, pernikahan, upacara keagamaan dan kenegaraan. Pemain musik gemelan disebut niyaga sedangkan penyanyinya disebut slinden atau waranggana, sedangkan lagunya disebut gending. Gemelan terdiri atas :
  • alat musik idiophone (bonang, gender, demung, saron, slenthem, kethuk kenong, kempul, gong dan gambang
  • alat musik mambranophone (kendang)
  • alat musik chordophone (siter dan rebab)
  • alat musik aerophone.
    Demikianlah jenis musik yang digunakan didaerah jawa yang merupakan salah satu seni yang ada di Nusantara dan kebanggaan bangsa Indonesia.
Jenis dan Alat Musik Daerah Jawa serta Keunikan Musiknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment