BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

5 Manfaat Buah Salak dan Kandungan Gizinya Terhadap Kesehatan

Manfaat Buah Salak dan Kandungan Gizinya Terhadap Kesehatan
    Selama ini masih banyak dijumpai presepsi yang mengatakan bahwa salak adalah buah murahan dan tidak mempunyai kandungan gizi yang tinggi, dan ternyata hal tersebut salah dan keliru, karena buah salak memiliki manfaat yang sangat banyak dan salah satunya mempunyai serat yang tinggi dan dapat mengobati berbagai macam penyakit, dan dengan serat tersebut salak lebih unggul dari buah-buah yang lainnya misalkan buah mangga, salak lebih tinggi kadar gizinya, maka tak heran jika buah salak sangat baik dan banyak manfaatnya untuk kesehatan bagi yang sering mengkomsumsi secara teratur.

    Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Dalam bahasa inggris disebut salak atau sanke fruit, sementara nama ilmiahnya adalah salacca zalacca. Buah salak disebut disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular atau kulit ular. Buah salak bisa ditemukan diberbagai kota, ternyata banyak sekali kandungan gizi didalamnya, bahkan selain mengandung banyak gizi, buah salak juga dapat mengurangi atau mengobati beberapa penyakit. Oleh karenanya melalui tulisan ini, maka kami akan mengungkap kandungan gizinya serta manfaat dari buah salak itu

Kandungan Gizi Buah Salak

Buah salak setelah diteliti ternyata kandungan ziginya dalam setiap 100 grm mempunyai kandungan :
  1. Kalori 77,0 kal
  2. Protein 0,40 g
  3. Karbohidrat 20,90 g
  4. Kalsium 28,00 mg
  5. Fosfor 18,00 mg
  6. Zat Besi 4,20 mg
  7. Vitamin B 0,04 mg
  8. Vitamin C 2,00 mg
  9. Air 78,00 mg
Dalam penelitian terbaru buah salak yang disampaikan oleh Nurfi Afriasyah, MSc dari pusat litbang gizi dan makanan Departemen kesehatan RI, mengatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 grm buah salak kurang lebih 5, dan 5 kali lebih banyak dibandingkan dari pada mangga dan 3 kali dibandingkan dengan jambu biji dan 5 kali dibandingkan dengan semangka merah akan tetapi sayangnya tidak diungkapkan berapa bandingannya dengan wortel.

Manfaat Buah Salak

Ada beberapa macam buah-buahan yang kita tahu mengandung manfaat, baik itu kandungannya berupa gizi maupun serat yang bisa menyehatkan dan mengobati penyakit. Buah salak adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin dan serat serta dapat mengobati berbagai macam penyakit diantaranya :
1. Dapat Mengatasi Diare
    Ada mitos yang berkembang bahwa jika mengkomsumsi buah salah maka akan mengakibatkan susah untuk BAB padahal mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut F.X. Wahyurin Mitano Ahli gizi dari RS.dr Sutomo, mengatakan bahwa, sebaiknya ketika mengkomsumsi buah salah jangan dibuah kulit arinya oleh karena kulit ari dari buah salat tersebut yang banyak mengandung serat yang memungkinkan untuk mengurangi sembelit pada anda dan salak juga memiliki kandungan tanin yang dikenal sebagai anti diare.
    Khasiat buah salak sangat baik untuk mengobati apabila kita diserang penyakit atau masalah disekitar perut seperti mencret atau diare. Dengan mengkomsumsi sebanyak 20 gram buah salak yang masih muda maka dapat membantu mengobati penyakit dari masalah disekitar perut. Akan tetapi perlu juga diketahui bahwa mengkomsumsi  terlalu banyak dalam sehari akan berdampak sembelit atau susah buang air besar, olehnya itu sebaiknya mengkomsumsi buah salak dengan benar, dalam satu hari adalah sekitar 4-5 buah saja. Dalam mengkomsumsi buah salak dak dianjurkan bagi penderita maag dan radang usus karena tannin dalam buah salak dapat memperparah kondisi usus yang luka dan sulit dicerna.
2. Memelihara Kesehatan Mata
    Khasiat buah salak Sangat baik untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata, ini karena buah salak mengandung betakaroten. Pada penelitian terakhir menyatakan betakaroten  buah salak lebih besar 5,5 kali daripada buah semangka. Jika anda bosan dengan jus Wortel, maka jus Salak bisa menjadi alternative anda dalam kesehatan mata anda.
3. Membantu Program Diet
    Bagi anda yang ingin menguruskan badan atau Diet, maka buah salak baik untuk anda konsumsi. Dengan kandungan fitonutrien yang ada di dalam salak dapat membantu diet anda. Salak juga mempunyai 2 mg Vitamin C, tannin dan serat. Dan perlu diketahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau efek kenyang lebih lama karena serat memerlukan waktu yang lama untuk diserap oleh usus, sehingga menghindarkan anda untuk makan porsi yang lebih besar. Bila anda ingin menjalani program diet sehat untuk menurunkan berat badan, maka mengkonsumsi salak adalah langkah yang bijak.
    Namun Buah ini tidak disarankan bagi penderita tifus dan penyakit lain yang membutuhkan diet rendah serat. Kandungan serat yang tinggi justru membahayakan kesehatan penderita tifus. Penderita talasemia (salah satu jenis penyakit darah), juga diminta mengurangi konsumsi salak. Sebab, kadar zat besi salak cukup tinggi. Pada penderita talasemi, penumpukan Fe (zat besi) bisa membahayakan organ tubuh lain, misalnya limpa.
4. Meningkatkan Kecerdasan Otak
    Penelitian juga mengungkapkan bahwa salak diklam mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan pottasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan bahwa jurnal " Intregative Center Therapies " kandungan salak berupa pektin dapat mencegah dan mengobati kanker prostat.
5. Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil Muda
    Rasa mual yang sering dialami oleh para ibu yang sedang hamil muda cukup merepotkan apalagi bagi mereka yang baru pertama kali mengalaminya. Namun dengan mengkonsumsi buah salak secukupnya, hal tersebut bisa dikurangi karena buah salak banyak membantu mengatasi rasa mual saat hamil muda dan membuat tenggorokan dan lidah terasa tidak terlalu pahit.
    Setelah membaca e-book ini kami berharap anda mulai mengerti tentang khasiat buah salak karena banyak sekali menfaat buah ini, yang bisa anda dapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Semoga anda lebih peduli lagi dengan kesehatan  anda dengan cara yang lebih alami.
5 Manfaat Buah Salak dan Kandungan Gizinya Terhadap Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment