BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Manfaat Buah Sirsak, Daun dan Akarnya serta Kandungan Gizinya

Buah Sirsak dan Kandungan Gizinya serta Manfaat Buah, Daun serta Akarnya
Sirsak memiliki nama latin Annona Muricata L dan berasal dari Annonaceae. Tanaman sirsak berasal dari Karibia Amerika tengah dan Amerika selatan. Sirsak memiliki nama sebutan yang berbeda-beda disetiap daerah di Indonesia. Misalnya Sunda menyebutnya dengan nangka walanda, orang Jawa menyebutnya dengan nangka landa, sementara orang minang menyebutnya dengan durian Betawi. Sirsak memiliki buah dengan rasa asam manis dan menyegarkan.
Selain dikomsumsi seperti buah-buahan lainnya, buah sirsak juga seringkali digunakan sebagai obat tradisional, begitu juga daun, biji dan akarnya. Makanya tidak heran kalau belakangan ini, buah sirsak menjadi sangat populer seperti buah manggis. Olehnya itu pada tulisan ini kami akan mengungkap tentang kegunaan sirsak, baik dari daun, buahnya dan lainnya untuk kesehatan pada tubuh manusia.

A. Kandungan Gizi Buah Sirsak

     Buah Sirsak menjadi populer karena kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan. Buah sirsak terdiri dari 67, 5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8, 5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81, 9-93, 6 persen dari Kandungan gula total.
     Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari yaitu 60 mg telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkomsumsi 300 gram daging buah sirsak.
    Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 gram, kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa yang berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis. Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah tetapi tinggi potasiumnya, ini dapat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi. Selain komponen gizi, sirsak juga kaya akan akan komponen nongizi salah satunya adalah karena sirzak mengandung banyak serat pangan yaitu mencapai 3,3 grm per 100 grm daging buah sirsak.

B. Manfaat Buah Sirsak

    Dari begitu banyak buah yang diketahui banyak mengandung gizi dan manfaat, maka buah sirsak adalah salah satu buah yang juga banyak mengandung manfaat diantaranya:
1. Dapat mengobati diare pada Bayi
    Kandungan buah sirsak berkhasiat mengobati diare atau mencret pada bayi. Caranya siapkan buah sirsak yang sudah masak kemudian peras dan disaringuntuk diambil airnya, kemudian minumkan pada bayi 2-3 sendok makan.
2. Mengatasi Ambeien
    Kita sadar bahwa penyakit yang paling menjengkelkan yang pernah ada dan sering kali dialami oleh perempuan entah kenapa dan apa penyebabnya, namun tak usah dirisaukan karena untuk mengatasi cukup mudah Caranya ambil buah sirsak yang sudah masak lalu ambil airnya sebanyak 1 gelas kemudian minum airnya dua kali sehari yakni pagi dan sore
3. Anyang-anyangan
    Ambil sirsak yang setengah masak lalu dikupas kemudian campurkan gula pasir secukupnya lalu rebus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak dua gelas disaring dan diminum.
4. Sakit Kandung Kemih
    Ambil sirsak setengah masak lalu campukan dengan gula dan garam secukupnya lalu dibuat seperti kolak, dimakan biasa dan dilakukan secara rutin tiap hari selama satu minggu.
5. Menurunkan Kolestrol
    seperti diketahui bahwa sirsak mengandung banyak serat yang baik dalam tubuh. dalam daging buah sirsak 100 gram ternyata bisa memenuhi serat harian tubuh, dengan serat inilah yang sangat berperan dalam penyerapan kolestrol jahat dalam tubuh, sehingga mempermudah kolestrol jahat keluar dalam tubuh yang artinya hanya kolestrol baiklah yang tinggal dalam tubuh,,
6. Untuk Mengobati hipertensi.
    Tidak hanya daun sirsak yang dapat mengobati hipertensi atau darah tinggi, ternyata buah sirsak yang rasanya lezat pun memiliki khasiat yang sama untuk mengobati hipertensi. Beberapa penelitian membuktikan khasiat dari buah sirsak yang mampu mengobati hipertensi, karena buah sirsak banyak mengandung zat-zat yang mampu mengangkat terjadinya hipertensi.
7. Dapat mengobati asam urat.
    Salah satu manfaat dari buah sirsak adalah dapat mengobati yang berpenyakit asam urat yakni dengan mengkomsumsi buah sirsak secara rutin, maka tubuh kita akan terhindar dari penyakit asam urat tersebut.

C. Manfaat Daun Sirsak

    Sirsak, selain buahnya yang banyak mengandung manfaat, juga daun sirsak banyak mengandung manfaat diantaranya :
1. Dapat Mencegah Kanker
    Daun sirsak dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit, daun sirsak juga bisa membunuh sel-sel kanker lebih cepat dan aman, ketimbang harus melakukan kemoterapi yang memiliki banyak efek samping dan biayanya juga cukup mahal. Untuk mengobati kanker, ambillah daun sirsak yang sudah tua dan dalam kondisi yang baik, kemudian cuci sampai bersih lalu rebus dengan tiga gelas air dan biarkan mendidih sampai hanya tersisah satu gelas, lalu minum dua kali sehari selama seminggu. Bila memiliki efek yang baik maka anda dapat melanjutkan meminum rebusan tersebut.
2. Dapat Mengobati Asam Urat 
    Daun sirsak dapat juga dijadikan sebagai obat asam urat. banyak pengobatan alternatif yang menggunakan daun sirsak sebagai obat asam urat. Adapun cara penggunaannya yaitu caranya sangat mudah, ambil daun sirsak yang sudah cukup tua tetapi masih hijau kira-kira 6 sampai 10 lembar kemudian cuci bersih selanjutnya daun sirsak dipotong-potong dengan tujuan memastikan kandungan pada daun benar-benar keluar. Rebus daun dengan dua gelas air, biarkan dia mendidih hingga air tersisah satu gelas, minum ramuan tersebut sehari dua kali yaitu pagi dan malam.
3. Dapat Menghilangkan Bisul
    Bisul adalah salah satu gangguan kulit yang menjadi momok selain nyeri, ternyata bisul muncul tiak kenal tempat, bisa ditubuh dan juga bisa diwajah, nah yang paling merepotkan bila munculnya diwajah karena bisa mengganggu kecantikannya. Caranya ambil lima sampai 10 lembar daun sirsak yang masih muda lalu tempelkan ditempat yang terkena bisul hingga bisul mengering.
4. Dapat Mengobati Eksim dan Rematik
    Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan dibagian tubuh yang dirasa ngilu atau sakit karna rematik atau eksim secara teratur satu hari dua kali.
5. Meningkatkan Sistim Kekebalan Tubuh.
    Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan tubuh dalam mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Caranya siapkan 4-5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air dan biarkan mendidih sehingga tersisah satu gelas, minumlah 1 kali sehari.
6. Mengobati Sakit Pinggang
    Rebusan daun sirsak ternyata juga bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang. Caranya ambil 20 lembar daun sirsak kemudian direbus dengan menggunakan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas serta minum 1kali sehari 3/4 gelas.
7. Menghilangkan Kutu
    Daun sirsak jika direbus, ternyata dapat bermanfaat untuk mengusir kutu, baik kutu yang ada dirambut juga ditempat tidur.

D. Manfaat Lain 

    Disamping buah dan daunnya sirsak juga punya manfaat lain diantaranya :
  1. Tahukah anda bahwa tidak hanya daging akan tetapi biji buah sirsak pun berguna untuk menjaga kesehatan anda. biji sirsak mengandung gizi emesis yangdapat mengurangi mual dan muntah
  2. Jus buah sirsak jika dikomsumsi ketika anda berpuasa maka dapat menyembuhkan penyakit hati ringan dan lepra
  3. Rebusan dari tunas dan daun sirsak dapat menyembuhkanbeberapa penyakit seperti gangguan kandung kemih dan empedu, batuk, diare, demam dan gangguan pencernaan
  4. Daunnya jika ditumbuk dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit dan reumatik
  5. Kulit akar pohon sirsak diyakini dapat dijadikan sebagai penawar racun.
  6. Pada bunga pohon sirsak ternyata dapat mengobati gangguan pada hidung yang menyebabkan munculnya lendir
  7. Rebusan daunnya ternyata juga memiliki khasiat untuk meringankan peradangan dan kaki bengkak.
Demikian artikel tentang sirsak, terutama manfaat yang dikandung pada sirsak tersebut, baik buah, daun tangkai maupun akarnya yang kesemuanya masing-masing punya kegunaaan atau manfaat pada diri terutama dalam mencegah erbagai macam penyakit.
Manfaat Buah Sirsak, Daun dan Akarnya serta Kandungan Gizinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment