BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Negara Menurut Istilah dan Para Ahli

Istilah, Makna dan Pengertian Negara.

Negara adalah suatu wilayah yang di diami oleh suatu penduduk secara menetap dan mempunyai sistim pemerintahan dan keberadaan suatu negara dan harus diakui oleh negara lain. Beberapa Ahli telah membuat defenisi tentang negara berikut uraiannya .

A. Istilah negara

     Istilah negara yang dipergunakan dalam ilmu kenegaraan saat ini merupakan terjemahan dari :
  1. State dari bahasa Inggris
  2. Staat dari bahasa Belanda
  3. Lo stato dari bahasa Italia
  4. Der staat dari bahasa Jerman
B. Makna Negara

     Menurut prof.Mr.LJ Van Apeldorn, bahwa negara mengandung beberapa makna antara lain :
  1. Istilah negara diartikan sebagai penguasa, yaitu untuk mengatakan orang-orang yang melakukan kekuasaan tertinggi atas persekutuan rakyat yang bertinggal disuatu daerah.
  2. Istilah negara diartikan sebagai persekutuan rakyat, yaitu untuk mengatakan suatu bangsa yang hidup dalam suatu daerah dibawah kekuasaan tertinggi yang menurut kaidah hukum
  3. Negara mengandung arti suatu wilayah tertentu. Hal ini untuk menyatakan suatu daerah yang didalamnya didiami suatu bangsa dibawah kekuasaan tertinggi
  4. Negara berarti kas negara atau fiscus, yaitu untuk menyatakan harta yang dipegang oleh penguasa guna kepentingan umum, seperti didalam istilah pendapatan negara.
C. Pengertian Negara

     Berbagai macam pendapat yang memberikan pengertian negara tersebut, mereka memberika pengertian menurut sudut pandangnya masing. Dari berbagai macam pendapat tersebut,maka kita kelompokkan pengertian negara dari beberapa segi yakni ; kekuasaan, organisasi politik,organisasi kesusilaan dan integrasi antara pemerintah dan rakyat .

a. Negara ditinjau dari organisasi kekuasaan.
  1. Menurut Logemann, Negara adalah suatua organisasi kekuasaan yang menyatukan kelompok manusia yang kemudian disebut juga bangsa
  2. George Jellinek, berpendapat bahwa negara adalah organisasi kekuasaan dari kelompok manusia yang telah menetap diwilayah tertentu.
b. Negara ditinjau dari organisasi politik.
  1. Menurut Roger H Sultou, Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.
  2. Menurut Robert M Mac. Iver, Negara adalah Asosiasi yang berfungsi memelihara ketertiban dalam masyarakat berdasarkan sistim hukum yang diselenggarakan dan diberi kekuasaan memaksa
  3. Menurt Max Weber, Negara adalah masyarakat yang mempunyaui menopoli dalam penggunaan kekuasaan fisik secara sah dalam suatu wilayah.
c. Negara ditinjau dari segi kesusilaan.
  1. Menurut Hegel, Negara adalah merupakan organisasi kesusilaan yang timbul sebagai sintesis antara kemerdekaan individu dan kemerdekaan universal
  2. Menurut JJ Resseau, Kewajiban negara adalah untuk memelihara kemerdekaan individu dan menjaga ketertiban kehidupan manusia.
d. Negara sebagai integrasi antara pemerintah dan rakyat.
    Negara dalam arti ini ada hubungan yang erat antara pemerintah dan rakyat, teori ini disebut integralistik yakni negara adalah susunan masyarakat yang erat antara semua bagian atau organ dari seluruh anggota masyarakat sehingga bersifat organis.

Pengertian Negara Menurut Istilah dan Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment