BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Doa Minta Hujan serta Do'a Cara Mengalihkan hujan yang Ampuh


Hujan adalah salah satu rahmat yang tidak bisa kita hitung nilainya, walaupun kadang hujan merupakan salah satu factor bercana alam, akan tetapi dengan hujan juga merupakan reski yang diturunkan oleh Allah, tanpa hujan seorang petani akan mengalami gagal tanam, tanpa hujan maka bumi akan kering dan banyak dampak yang ditimbulkan terutama pada makhluk hidup akan banyak mengalami kematian. Olehnya itu saat musim kemarau apalagi yang berkepanjangan tentunya menghararap adanya hujan yang turun, dan salah satu cara yang harus dilakukan adalah sholat istisqa minta hujan sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Rasulullah saw saat mengalami musim kemarau/ kekeringan.

صَلاَة إِسْتِسْقَى

 Adapun cara yang pernah dilakukan oleh Rasulullah, setelah melaksanakan sholat sunat istisqa 2(dua) rakaat, nabi naik kemimbar membaca khutbah. Dalam khutbah pertama, Nabi membaca istigfar 9kali dan khutbah kedua 7 kali kemudian dilanjutkan dengan tahmid, syahadat, dan sholawat serta dilanjutkan dengan nasehat.kemudian do’a bersama.
Adapun do’a yang dicontohkan oleh Nabi SAW sebagai berikut
Do’a Minta Hujan
“Segala puji-pujian bagi Allah yang memelihara sekalian alam. Pengasih lagi penyayang, menguasai hari pembalasan, tidak ada Tuhan melainkan Allah, yang berbuat sekehendaknya. Ya Allah engkaulah Tuhan, tidak ada Tuhan melainkan Allah. Engkau maha kaya (tidak berhajat kepada siapapun) dan kami yang berhajat kepadaMu, turunkanlah hujan atas kami, dan jadikanlah yang engkau engkau turunkan itu menjadi bekal bagi kami buat beberapa lamanya.”
(Riwayat Abu Daud)
اللهُمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمِكَ وَاَنْشُرْ رَحْمَتِكَ وَاَحْيَ بَلَدَكَ الْمَيَّتَ
Allahummasqi ‘ibaadaka wabahaaimika wansyur rahmatika wa-ahya baldakal mayyitaYaa Allah turunkanlah hujan kepada hamba-hamba-Mu dan makhluk-makhluk hewan-Mu, dan sebarkanlah rahmat-Mu, dan hidupkanlah negeri-Mu yang mati
اللهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا نَا فِعًا غَيْرَ ضَارِ عَا جِلاً غَيْرَ اَجِلِ
Allahumsqinaa gaitsan marii-an marii-‘an naafi’an gaira dhaarin ‘aajilan gaira ajili
“Yaa Allah turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang menyelamatkan, yang baik akibanya, yang deras, yang bermamfaat, tidak membawa mudharat, segera tidak tertunda”.
Do’a Ketika Hujan Turun
اللهُمَّ صَيْبًا نَا فِعًا
Allahumma shaiban naafi’an
“Yaa Allah Jadikanlah hujan yang bermamfaat”
Doa Ketika Hujan Sangat Deras
اللهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا اللهُمَّ عَلى الظَّـرَابِ واْلاَكَامِ وَلْجِبَالِ وَبُطًـوْنِ الْاَوْدِيَةِ وَبَنَابِتِ الشَّجَرِ
Allahumma hawaalaenaa walaa ‘alaenaa, Allahumma ‘aladhdharabi wal-akaami wal-jibaali wabutuunil audiyati wabanaabitis syajari
“Yaa Allah, Turunkanlah terhadap sekeliling kami dan bukan untuk kami, Ya Allah  turunkanlah pada bukit-bukit kecil, dan dataran-dataran tinggi dan gunung-gunung, perut-perut lembah, dan pada tempat-tempat tumbuhnya pohon”.
Cara Mengalihkan Hujan  
Mengalihkan hujan memang sangat dibutuhkan, apalagi dalam situasi mengadakan suatu pesta pernikahan yang tentunya sangat mengharap cuaca yang cerah, olehnya itu apabila sudah melihat hujan akan turun, maka dengan izin Allah insyaallah hujan bisa kita alihkan kedaerah lain atau hujan tersebut tidak sampai pada daerah kita. Adapun caranya cukup simple dan tidak berat dilakukan yakni dengan cara sebagai berikut :
  1. Setelah melaksanakan sholat wajib, kerjakanlah sholat sunat rawatib 2 rakaat
  2. Bacalah surah Al-ikhlas sebanyak 40 kali
  3. bacalah doa
  اللهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا اللهُمَّ عَلى الظَّـرَابِ واْلاَكَامِ وَلْجِبَالِ وَبُطًـوْنِ الْاَوْدِيَةِ وَبَنَابِتِ الشَّجَرِ
Kemudian lanjutkan dengan do'a sesuai dengan hajat, doa hajat tersebut boleh dengan bahasa keseharian kita. Insya Allah, hujan yang turun akan beralih kedaerah lain.


Doa Minta Hujan serta Do'a Cara Mengalihkan hujan yang Ampuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment