BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Biografi Presiden RI Ir.Sukarno, dan Wakil Presiden Drs.Muh.Hatta serta Jasa-Jasanya.

Kemerdekaan Indonesia yang telah diraih bukan karena pemberian akan tetapi butuh perjuangan dan pengorbanan. dalam meraih kemerdekaan tersebut ada beberapa tokoh yang paling berperan dalam menggapai cita-cita kemerdekaan tersebut diantaranya bapak proklamator kita Ir.Sukarna dan Drs.Moh.Hatta, yang gigih, yang tak kenal lelah mempertaruhkan seluruh jiwa dan raganya demi meraih kemerdekaan. Maka patutlah kalau harus tahu sosok Sukarno-Hatta. Berikut catatan biografi keduanya.

1. Ir.Sukarno

    Ir.Sukarno atau dengan nama lengkapnya Ahmad Sukarno adalah  Presiden pertama Republik Indonesia. Sukarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar Jawa Timur. Ia memperoleh gelar Insinyur di bidang tehnik sipil dari Bandung yang sekarang adalah ITB. Pada tanggal 17 Austus 1945, Ir.Sukarno yang didampingi oleh Drs.Muh.Hatta  membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu ia disebut sebagai tokoh proklamator dan Ir.Sukarno juga dipercayakan untuk menjabat selaku Presiden pertama di Indonesia.
    Ir.Sukarno sangat berperan dalam usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang antara lain sebagai berikut :
  • Pada tanggal 29 Agustus 1945, Presiden Sukarno membentuk BKR (Badan Keamanan Rakyat). Tujuan pembentukan BKR adalah untuk menjaga dan memehara keamanan serta ketertiban di daerah-daerah RI. Anggota BKR terdiri dari bekas anggota PETA. HEIHO, Barisan Pemuda, Polisi dan sebagainya.
  • Pada Tanggal 19 September 1945, Ir.Sukarno melakukan pidato pada rapat raksasa yang diselenggarakan di lapagan  IKADA (Ikatan Atletik Jakarta), sekarang disebut lapangan monas. Beliau menyerukan kepada seluruh rakyat agar tetap tenang dan mentaati perintah-perintah dan kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah. Semangat dan perjuangan harus tetap dipertahankan agar bangsa Indonesia bisa mengusir penjajah  dan mempertankan kemerdekaan serta keamanan negara
  • Ketika sekutu menduduki Indonesia, Ir.Sukarno berkali-kali mengadakan perundingan dengan mereka
  • Setelah agresi militer Belanda ke II, Ir.Sukarno sempat memberikan mandat kepada menteri kemakmuran, Syafruddin Prawinegara, untuk mendidikan pemerintah darurat Republik Indonesia (PDR).
  • Ketika Republik Indonesia menjadi negara serikat maka Ir.Sukarno diberikan kepercayaan sebaga Presiden RIS, kemudian ketika RIS kembali ke bentuk Republik, dipercayakan kembali menjadi Presiden RI.

2. Drs. Muhammad Hatta.

    Drs. Muhammad Hatta atau dikenal dengan panggilan Bung Hatta, lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukit Tinggi Sumatera Barat. Beliau seorang ahli ekonomi, beliau berhasil mensirikan koperasi-koperasi di Indonesia. Sehingga beliau disebut sebagai bapak koperasi Indonesia.
Drs. Muhammad Hatta, juga sebagai bapak proklamator Indonesia, beliau mendampingi Ir.Sukarno dalam membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Drs. Muhammad Hatta sangat berperan dalam usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Ir.Sukarno dan Drs. Muhammad Hatta dikenal dengan Dwi Tunggal, mereka berdua selalu bersatu dalam perjuangan mengusir penjajah dari bumi Indonesia.
  • Setelah Indonesia merdeka, Drs. Muhammad Hatta diangkat menjadi wakil presiden. Ketika Indonesia masih berbentuk serikat, Drs. Muhammad Hatta menjabat sebagai Perdana menteri RIS, ketika Indonesia kembalik menjadi Republik, beliau kembali dipercaya menjadi wakil Presiden RI yang pertama.
  • Saat berlansung Komferensi Meja Bundar  (KMB) di Denhaq Belanda, Drs. Muhammad Hatta menjadi peminpin utusan Indonesia. Kemudia pada bulan Desember 1949, beliau kembali ke Belanda untuk menandatangani naskah pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda. Pada Tahun 1980 Drs. Muhammad Hatta meninggal dan di makamkan di tanah kusir Jakarta.
Biografi Presiden RI Ir.Sukarno, dan Wakil Presiden Drs.Muh.Hatta serta Jasa-Jasanya. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment