BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Cara Menghemat Energi Listrik

Pernahkah kamu memerhatikan berapa sewa listrik rumahmu tiap bulan ? Berdasarkan apakah harga itu ditetapkan? kita harus sadari bahwa perusahaan listrik menetapkan atau menetukan sewa listrik tersebut tentunya berdasarkan dari berapa banyak penggunaan listrik yang kita pakai. Dan kita dapat lihat jumlah energi listrik yang terpakai pada alat kWh-meter. Alat kWh meter digunakan untuk mencatat pemakaian listrik dalam waktu satu bulan, makin kecil angka yang tercatat dalam rekening, berarti makin hemat energi listrik yang digunakan.
Semua orang memerlukan energi untuk melakukan kegiatannya. Padahal sumber energi yang tersedia tidak dapat mencukupi semua keperluan energi manusia dan untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah berusaha mengatur pemakaian energi. Salah satu cara yang ditempuh pemerintah adalah diberlakukannya sewa energi listrik bagi setiap pemakai. Hal itu bertujuan agar pemakai lebih hmat dan menggunakan listrik dan dengan menghemat atau mengurangi energi listrik berarti mengurangi biaya harga sewa listrik.
Beberapa cara yang dapat kita tempuh dalam usaha menghemat energi listrik antara lain seperti berikut ini :
  1. Memilih alat listrik yang berdaya rendah, alat listrik yang berdaya rendah memerlukan energi listrik yang lebih sedikit misalnya untuk mengurangi panas ruangan tidak menggunakan AC tetapi menggunakan kipas angin
  2. Menggunakan alat listrik hanya pada saat diperlukan seperti tidak menyalakan semua lampu ruangan dimalam hari, yang bisa dinyalakan hanya yang kita butuhkan.
  3. Lebih memilih lampu neon dari pada lampu pijar, karena daya tarik listrik dari lampu pijar sangat kuat, karena lampu pijar selain memancarkan cahaya juga mengeluarkan hawa panas. Sedangkan lampu neon, hapir energi listrik diubah menjadi energi cahaya. Akibatnya untuk daya yang sama, lampu neon akan lebih terang dari pada lampu pijar.
Cara Menghemat Energi Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment