BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Kelenjar Hipofisis ( Pituitari )

Kelenjar Hipofisis
Dalam tubuh manusia terdapat beberapa kelenjar tempat penyimpangan hormon yang diantaranya kelenjar hipofisis.Kelenjar hipofisis disebut juga master gland atau kelenjar utama karena harmon-harmonnya mengatur dan mempengaruhi sekresi kelenjar endokrin lainnya. Kelenjar hipofisis yang berupa tonjolan sebesar kacang tanah dapat ditemukan di bawah otak besar. Kelenjar ni terbagai menjadi tiga bagian, yaitu lobus anterior (depan), lobus intermediet (tengah), dan lobus posterior (belakang). Kelenjar hipofisis anterior menghasilkan beberapa macam harmon, antara lain sebagai berikut.

a.  Somatotropin disebut juga harmon pertumbuhan (growth harmone) karena berfungsi mempengaruhi pertumbuhan manusia. Kekurangan harmon ini pada masa pertumbuhan dapat mengakibatkan pertumbuhan terhambat dan tubuh mengalami kekerdilan, yang disebut dwarfisme. sebaliknya, kelebihan harmon ini pada masa pertumbuhan dapat mengakibatkan gigantisme, yaitu pertumbuhan raksasa. Kelebihan harmon somatotropin pada orang dewasa dapat mengakibatkan akromegali, yaitu penyakit yang di tandai dengan membesarnya ujung anggota badan, seperti hidung, dagu, telinga, dan kaki. 

b.  Tirotropin, atau disebut juga Thyroid Stimulating Harmone (TSH), adalah harmon perangsang kelenjar tiroid. Harmon  ini berfungsi merangsang kelenjar tiroid untuk mengeluarkan harmon tiroksin. 

c. Adrenokortikotropik atau Adrenocorticotropic Harmone (ACTH) adalah harmon yang mempengaruhi kerja kelenjar anak ginjal. Fungsi utama harmon ini adalah merangsang korteks kelenjar adrenalin (kelenjar anak ginjal) untuk melepaskan harmon glukokortikoid ke dalam aliran darah. Harmon glukokortikoid ini berperan penting dalam pengaturan kadar glukosa dalam darah. 

d.  Gonadotropin, yaitu harmon perangsang kelenjar gonad atau penghasil gamet. pada organisme betina, harmon ini berperan dalam merangsang pengeluaran astrogen, sedangkan pada organisme jantan gonadotropin berperan dalam pembentuk spermatozoa. 
Lobus posterior hipofisis memiliki hubungan saraf langsung dengan hipatolmus yaitu bagian otak yang menghasilkan harmon pelepas tirotropin atau Tirotropin Releasing Harmone (THR). Harmon ini mempengaruhi lobus anterior hipofisis untuk meningkatkan atau menghentikan produksi harmon. 
Lobus posterior hipofisis menghasilkan harmon ADH (Antidiuretic Harmone) dan oksitosin. Harmon ADH, disebut juga vasopresin, berfungsi mengatur pelepasan air dari ginjal dengan merangsang reabsorpsi air dari tubulus ginjal. Kekurangan ADH mengakibatkan penyakit diabetes insipidus yang ditandai dengan buang air kecil terus menerus dan selalu merasa haus. 
Adapun harmon oksitosin berfungsi dalam persalinan, yaitu merangsang kontraksi dinding rahim sehingga membantu pengeluaran jnain. Selainitu, oksitosin juga berpengaruh terhadap pengeluaran air susu ibu.
Kelenjar Hipofisis ( Pituitari ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment