BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Sumber-Sumber Energi

Tentu kita telah mempelajari tentang sumber-sumber energi ketika di sekolah dasar dan menengah pertama . pengetahuan tentang energi tersebut harus anda kembangkan terus -menerus .masih banyak sumber -sumber energi alternatif di alam ini yang belum di manfaatkan manusia.Terdapat bermacam -macam  sumber energi di alam ini .ada sumber energi yang terbatas dan ada yang tak terbatas. Contoh sumber energi yang terbatas adalah bahan bakar ,minyak ,dan batu bara .di perkirakan, bahan bakar fosil ,misalnya minyak dan gas, di indonesia atau bahkan dunia tidak lama lagi akan habis padahal saat ini ,minyak merupakan sumber energi utama pada industri dan transportasi.
elain itu sumber minyak dalam jumlah yang besar tidak mungkin di perbaruhi meskipun dalam jumlah yang relatif kecil bahan bakar minyak sintetis dapaat di buat dari bahan batu bara .pemanfaatan energi minyak ,gas dan batu bara adalah sangat mudah, yaitu tinggal menggali atau mengeksplorasi dan akan di peroleh sumber energi yang siap di konsumsi .
Sebenarnya, terdapat sumber energi lain yang sangat melimpah tidak terbatas ,yaitu sumber energi matahari, energi angin, energi gelombang laut, dan air laut yang banyak mengandung bahan deutron (bahan bakar nuklir ).akan tetapi, untuk memanfaatkan sumber energi tersebut di perlukan biaya yang tidak sedikit dan teknologi tinggi . 

1.  Energi Matahari ( Energi  Surya )

Energi matahari dalam skala kecil langsung dapat anda manfaatkan untuk keperluan sehari-hari misalnya, sebagai penerangan, mengeringkan pakaian, menjemur padi atau manfaat lainnya dapat anda bayangkan apabila untuk mengeringkan padi di gunakan pemanas dari minyak berapa besar biayanya? Energi sinar  matahari dapat di gunakan secara gratis dan tanpa batas suatu perusahan yang menggunakan air panas dalam skala basar dapat  memenfaatkan sinar matahari .caranya, dengan menjemur air pada tempat tertentu sehingga di peroleh air hangat sampai lebih kurang  60 derajat C apabila memerlukan air yang bersuhu 100 derajat C.dapat di teruskan dengan bahan bakar yang lain. Dalam hal ini, perusahan akan menghemat bahan bakar. Perlu diingat, air alami bersuhu kira-kira  25 derajat C.untuk menaikkan suhunya hinnga 60 derajat .C di perlukan energi yang cukup besar .
Pernahkah Anda mendengar atau bahkan melihat lembaran foto seldi  genting rumah mewah lembaran papan tersebut  di gunakan sebagai sumber listrik tenaga surya. Sumber listrik in dapat digunakan untuk memanaskanair atau sebagai sumber listrik untuk televisi atau radio. Bahkan, untuk penerangan ruangan dan di jalan kalau malam. Di daerah -daerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan listrik PLN, sumber tenaga surya sangat cocok di gunakan .meskipun masih dalam taraf percobaan, energi surya dapat di pergunakan untuk menjalankan mobil. Energi matahari atau energi surya dapat juga di gunakan untuk pembangkit listrik dengan menggunakan susunan cermin sebagai pengumpul energi sinar matahari. Selain itu,energi surya juga di gunakan sebagai sumber energi satelit -satelit pesawat angkasa luar .

2.  Energi Angin 

Tahukah  Anda, mengapa belanda di juluki sebagai negeri kincir angin? negeri belanda sudah puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu memanfaatkan energi angin .melalui kincir, energi angin di gunakan untuk menggiling gandum atau memompa air darat ke laut. Negeri Belanda secara geografis berada di bawah permukaan air laut dan merupakan  negara di tepi pantai yang hembusan anginnya cukup besar .keadaan yang demikian memungkinkan untuk memanfaatkan energi angin .
Di negara besar seperti  Amerika, sumber listrik tenaga angin menggunakan kincir yang modern dan efektif  .metode ini menghasilkan energi listrik yang cukup besar hingga 50 KW.

3. Energi Air 

Pernahkan  Anda  melihat kincir air di daerah pedesaan ? kincir air itu  di gunakan untuk menaikkan air sungai ke persawahan . meskipun relatif kecil, air yang di naikkan dapat mengalir terus-menerus tanpa memerlukan energi. Selain itu, energi air dapat menggerakkan generator  untuk keperluan listrik di daerah pedesaan atau pegunungan .
Dalam skala lebih besar ,air bendungan dapat di gunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).Contohnya, PLTA jatiluhur di Purwakarta, PLTA Karangkates di alang, dan PLTA ashan di Sumatera  Utara .

4. Energi Listrik 

Menurut anda, energi manakah yang paling banyak di gunakan untuk keperluan sehari -hari ? tidak dapat di sangkal, energi listrik paling banyak dimanfaatkan bagi kehidupan manusia .mulai dari yang ukuran kecil, misalnya jam tangan ,kalkulator, mainan anak ,keperluan rumah tangga sampai  untuk menggerakkan mesin -mesin  pabrik besar di perlukan energi listrik .sumber energi listrik dapat berupa  baterai ,akumulator ,generator listrik   ,foto sel ,PLTA ,PLTN, atau pembangkit listrik tenaga panas bumi .
Sumber-Sumber Energi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment