BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Penyakit-Penyakit Mata dan Pengobatannya

     Mata adalah merupakan indra yang sangat penting, didalamnya terdapat reseptor khusus untuk mengenali perubahan cahaya dan warna. Bola mata terletak didalam rongga mata dan dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak. Adapun bagian luar bola mata dilindungi oleh kelopak mata, kelenjer mata dan bulu mata. Apabila debu masuk kedalam mata secara tiba-tiba, dengan cepat mata berkedip dan banyak mengeluarkan air mata, makin cepat berkedip maka makin banyak air mata yang dihasilkan. Dengan demikian debu yang masuk di mata dapat dikeluarkan dengan mudah, selain itu, air mata mengandung zat yang dapat membunuh bakteri.
Mata yang normal dapat melihat benda yang jauh maupun dekat dengan jelas. Maka dengan penglihatan normal disebut emmentrop. Namun beberapa gangguan dapat terjadi pada mata sehingga mata tidak mampu melihat benda dengan jelas. Ada beberapa gangguan mata  antara lain miopia, hipermetropia, presbiopia, astigmatis, rabun senja, buta warna dan juling.

1.  Miopia
     Miopia atau mata dekat disebut juga dengan rabun jauh, ialah kelainan pada mata yang tidak mampu melihat dengan jelas benda-benda yang letaknya jauh dan hanya dapat melihat benda-benda yang letaknya dekat. Mata miopia tersebut biasanya terjadi pada anak-anak. Maka gejala mata yang seperti itu dapat ditolong dengan kacamata minus (lensa cekung).
2.  Hipermetropia
     Hipermetropia atau mata jauh disebut juga dengan rabun dekat, ialah kelainan pada mata yang tidak dapat melihat dengan jelas, benda-benda yang letaknya dekat dan hanya dapat melihat benda-benda yang jauh. Cacat mata ini ditolong oleh dengan menggunakan kacamata plus (lensa cembung)
3.  Presbiopia 
     Presbiopia adalah kelainan pada mata yang tidak dapat melihat jelas benda-benda dengan letak terlalu jauh atau terlalu dekat. Hal ini disebabkan elastisitas lensa berkurang, sehingga daya akomodasi juga berkurang. Cacat mata ini ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap.
4.  Astigmatis
     Astigmatis merupakan kelainan pada mata yang tidak dapat membedakan garis-garis tegak lurus dan garis mendatar secara bersamaan. Hal ini disebabkan karena kelengkungan lensa tidak merata. akibatnya berkas-berkas sinar yang mengenai mata, tidak dapat terpusat dengan sempurna. Cacat  mata seperti ini, ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa silindris yang mempunyai beberapa fokus

5.  Rabun Senja
     Rabun senja adalah gangguan pada mata yang ditandai penglihatan menjadi kabur pada petang hari. Penyebabrabun senja adalah kekurangan vitamin A dalam waktu yang cukup lama. Jika penderita terus kekurangan vitamin A secara berlarut-larut maka dapat mengalami kebutaan karena kerusakan kornea.  Kebutaan tersebut dapat ditolong dengan pencangkokan kornea.

6.  Buta Warna
     Buta warna adalah suatu kelainan penglihatan yang bersifat menurun. Penderita buta warna tidak dapat melihat atau membedakan warna-warna tertentu, karena merupakan penyakit keturunan dan penyakit ini tidak dapat disembuhkan.

7.  Juling
     Juling adalah kelainan pada mata yang disebabkan otot-otot penggerak bola mata tidak serasi. Kelainan ini dapat disembuhkan dengan operasi
Penyakit-Penyakit Mata dan Pengobatannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment