BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran

      Apabila kita perhatikan dalam kehidupan kita sehari-hari, banyak pihak uang memanfaatkan berbagai media untuk berbagai keperluan, misalnya dalam dunia bisnis,banyak perusahaan yang manginginkan produknya bisa laku dipasaran dengan cara melakukan promosi atau iklan.Begitu juga halnya seorang guru yang mengajar disebuah sekolah pada umumnya sering juga menggunakan media pembelajaran dengan tujuan agar informasi atau bahan ajar tersebut dapat diterima dan diserap dengan baik oleh peserta didiknya, sebagai wujud bahwa bahan ajar tersebut dapat diterima oleh peserta didik dan dibuktikan dengan terjadinya perubahan-perubahan perilaku, baik berupa pengetahuan, sikap maupun keterampilan.Oleh karena itu media merupakan bagian integral dari proses pembelajaran yang bertumpu pada tujuan, materi, pendekatan, metode, dan evaluasi pembelajaran. Disamping media ada pula disebut dengan alat bantu pembelajaran, bedanya hanyalah pada fungsi bukan pada substansinya
     Sumber belajar dikatakan media apabila jika hal itu merupakan bagian integral dari seluruh kegiatan belajar, sedangkan alat bantu yang dapat menunjang keefektifan dan efesiensi pembelajaran. Adapun fungsi dan peranan media kita dapat lihat berikut ini :

A. Fungsi Media Pembelajaran

     Fungsi media pembelajaran dapat ditekankan beberapa hal berikut ini :
  1. Penggunaan media pembelajaran bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi memiliki fungsi sendiri sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih efektif
  2. Media pembelajran merupakan bagian integral dari keseluruhan proses pembelajaran. Hal ini mengandung pengertian bahwa media pembelajaran sebagai salah satu komponen yang tidak berdiri sendiri tetapi saling berhubungan dengan komponen lainnya dalam rangka menciptakan situasi belajar yang diharapkan.
  3. Media pembelajaran dalam penggunaannya harus relevan dengan komponen yang ingin dicapai dalam pembelajaran itu sendiri. Fugsi ini mengandung makna bahwa penggunaan media dalam pembelajaran harus selalu melihat kepada kompetensi dan bahan ajar.
  4. Media pembelajaran bukan berfungsi sebagai alat hiburan.Dengan demikian tidak diperkenankan menggunakannya hanya untuk alat hiburan atau alat permainan atau memancing peserta didik semata
  5. Media pembelajaran bisa berfungsi untuk mempercepat proses belajar, fungsi ini mengandung arti bahwa denganmedia pembelajaran peserta didik dapat menangkap tujuan dan bahan ajar lebih mudah dan lebih cepat.
  6. Media pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Pada  umumnya hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran akan lebih lama mengendap sehingga kualitas pemebelajaran memiliki nilai yang tinggi.
  7. Media pembelajaran meletakkan dasar-dasar yang konkrek untuk berpikir, oleh karena itu dapat mengurangi penyakit verbalisme.

B. Peranan Media pembelajaran

       Selain fungsi-fungsi sebagaimana yang telah diuraikan diatas, media pembelajaran juga memiliki peran dan manfaat sebagai berikut :
  1. Membuat konkret konsep-konsep yang abstrak, konsep yang dirasakan masih bersifat abstrak dan sulit dijelaskan secara lansung kepada peserta didik karena hanya bisa dikonkretkan atau disederhanakan melalui pemanfaatan media pembelajaran. Misalnya untuk menjelaskan tentang sistem peredaran darah manusia, arus listrik, berhembusnya angin bisamenggunakan media atau gambar atau bagan yang sederhana.
  2. Menghadirkan objek-objek yang terlalu bahaya atau sukar didapat kedalam lingkungan belajar. Misalnya, guru menjelaskan dengan menggunakan harimau dan beruang atau hewan-hewan lainnya seperti gajah, jerapah dan yang lainnya.
  3. Menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil. Misalnya guru akan menyampaikan gambaran mengenai sebuah kapal laut, pesawat udara, pasar, candi atau menampilkan objek terkecil seperti bakteri, virus, semut, nyamuk dan hewan dan benda kecil lainnya.
  4. Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat atau lambat. Dengan menggunakan tekhnik gerakan lambat dalam media film kita bisa memperlihatkan lintasan peluru, melesetnya anak panah, atau memperlihatkan suatu ledakan, demikian juga dengan gerakan-gerakan yang terlalu lambat seperti pertumbuhan kecambah, mekarnya bunga dan lain-lain.
     Selain peran dan manfaatnya diatas, masih banyak manfaat media pembelajaran yang lainnya
Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment