BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

3 Bencana Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut



3 Bencana Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut -  Ketahuilah bahwa tidak ada perkara yang lebih menakutkan bagi manusia kecuali kematian. Maka patutlah kiranya kalau kita tidak terlalu bersenang-senang dalam hidup, kita selalu memikirkan , merenungkan dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menyambut kedatangannya. Sebagian orang bijak berkata : “ Kamu tidak akan dapat  mengetahui kapan musibah yang menimpa orang lain akan menimpamu.
Lukmanul hakim pernah berkata kepada anaknya, ”Ada perkara yang tidak kamu ketahui kapan ia akan datang kepaamu. Oleh karenanya, bersiaplah sebelum ia datang mengejutkanmu. Anehnya , ketika seseorang mengetahui bahwa sekompi tentara akan datang kepadanya memukulnya dengan lima pukulan , ia akan merasa was-was dan mengakhawatikan  nasibnya sepanjang waktu. Namun ketika yang akan datang adalah malaikat maut, bagaimana ia tidak merasa was-was akan nasib dirinya. Ketahuilah bahwa  rasa sakit ketika sakratul maut menjemput hanya dapat diketahui oleh orang yang pernah merasakannya, sedangkan orang yang belum pernah merasakannya  hanya membandingkan rasa sakit yang pernah ia rasakan .
            Ada tiga fase bencana besar yang dihadapi manusia ketika menghadapi sakaratul mau :
Bencana pertama  : Rasa sakit tang begitu dahsyat
Ketika seseorang menghadapi sakaratul maut, teriakan dan suaranya akan tersendak-sendak disebabkan akan rasa sakir yang begitu dahsyat yang telah menjalar dihati dan bersemayam disekujur tubuh sehingga melemahkan seluruh kekuatannya dan pada akhirnya ia tidak mampu lagi untuk memohon pertolongan. Saat itu kemampuan akal telah lumpuh dan kacau balau , lidah menjadi beku dan kaku, sedangkan seluruh organ tubuh menjadi lemah terkulai. Seandainya ia bisa istrahat, berteriak dan minta perlindungan pasti ia akan lakukan. Namun ia tak sanggup melakukannya, jikalau masih ada kekuatan yang tersisa dalam dirinya, maka itu hanya dapat digunakan untuk mendengarkan suara tersengal-sengal dari kerongkongannya. Sedangkan dadanya telah berubah warnadan terbujur kaku, seakan-akan muncul darinya debu yang merupakan bahan asal penciptaannya. Lalu mulailah roh dicabut dari persendiannya, kemudian semua anggota tubuh mati perlahan-lahan. Mulai dari kedua kakinya menjadi dingin , lalu betis dan pahanya. Seluruh anggota tubuh menghadapi masa kritis dan kebingungan yang luar biasa hingga roh sampai ketenggorokan. Ketika itu terputuslah pandangannya           dari dunia dan penghuninya, serta ditutuplah pintu tobat darinya.
Bencana kedua  : Menyaksiakan malaikat  maut yang dapat menciptakan rasa gentar dan takut dalam hati selama setahun
            Diriwayatkan bahwasanya Nabi Ibrahim pernah berkata kepada malaikat maut, “Bisakah engkau memperlihatkan bentukmu kepadaku saat kamu mau mencabur tuhnya pendosa ? “Malaikat maut menjawab, “Engkau tidak akan mampu menyaksikannya, tapi baiklah. Sekarang berpalinglah dariku. “ Ketika Nabi Ibrahim berpaling, ia melihat seorang laki-laki berambut hitam tegak, berbau busuk dan berpakaian hitam, dari mulut dan lubang hidungnya keluar asap dan api yang berkobar-kobar, sehingga membuat nabi Ibrahim jatuh pingsan. Ketika Nabi Ibrahim sadar, malaikat maut sudah berubah wujudnya semula, kemudian nabi Ibrahim berkata, “ Bagaimana kondisi orang yang banyak dosa saat menemui ajalnya, sungguh ia akan sangat ketakutan melihat wujudmu “. Lalu bagaimana wujudmu ketika kamu mau mencabut roh orang mukmin?, Malaikat maut berkata berpalinglah, lalu nabi Ibrahim berpaling, ketika membalikkan tubuhnya tiba-tiba ia melihat seorang pemuda tampang berpenampilan rapi, bersih, dan harum baunya, setelah itu nabi Ibrahim berkata, “ Jika saat orang mukmin menemui ajalnya, ia melihat wujud seperti ini, sungguh ia akan merasa senang dan tenang.
Bencana ketiga  : Para pelaku maksiat akan menyaksikan tempat mereka dineraka sehingga mereka pun sangat ketakutan
            Nyawa mereka tidak akan keluar dari jazad sebelum malaikat mau menyampaikan salah satu dari dua perkara ini, yaitu “ Bergembiralah dengan neraka wahai bagi musuh Allah, “ Bergembiralah dengan sorga , wahai bagi wali Allah”. Mereka yang berfikir pasti takut akan hal ini sebagaimana Rasulullah bersabda, “Roh salah satu dari kalian tidak akan keluar dari dunia hingga iamengetahui kemana arah perjalannya, dan hinggaia akan melihat tempat tinggalnya, disorgaatau dineraka “.
3 Bencana Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment