BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Tekhnik dan Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif

Tekhnik dan Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif

      Metode Pengumpulan data yang benar akan menghasilkan data yang memiliki kredibilitasi tinggi. Oleh karena itu, tahap pengumpulan data tidak boleh salah dan  harus dilakukan dengan cermat sesuai prosedur dan ciri-ciri penelitian kualitatif. Jika salah dalam metode pengumpulan data akan berakibat fatal, yakni berupa data yang tidak mempunyai kreadibilitasi, sehingga hasil penelitiannya tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hasil penelitian demikian sangat berbahaya, lebih-lebih jika dipakai sebagai dasar pertimbangan untuk mengambil kebijakan publik. Di dalam metode penelitian kualitati, Ada beberapa metode dalam pengumpulan data kualitatif, yaitu:

1. Wawancara
     Proses memperoleh penjelasan untuk mengumpulkan informasi dengan menggunakan cara tanya jawab bisa sambil bertatap muka ataupun tanpa tatap muka yaitu melalui media telekomunikasi antara pawawancara dengan orang yang diwawancarai, dengan atau tanpa menggunakan pedoman. Pada hakikatnya wawancara merupakan kegiatan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang sebuah isu atau tema yang diangkat dalam penelitian. Atau, merupakan proses pembukitan terhadap informasi atau keterangan yang telah diperoleh lewat teknik yang lain sebelumnya.
     Menurut Yunus (2010) agar wawancara efektif, maka terdapat berapa tahapan yang harus dilalui, yaitu:
a.  Mengenalkan diri
b.  menjelaskan maksud kedatangan
c.  menjelaskan materi wawancara
d. mengajukan pertanyaan

    Dalam wawancara, terdapat 2 jenis yaitu:
a.  Wawancara mendalam (in-depth interview), dimana peneliti terlebit langsung secara mendalam     dengan kehidupan subyek yang teliti dan tanya jawab yang dilakukan tanpa menggunakan pedoman yang disiapkan sebelumnya serta dilakukan berkali-kali

b. Wawancara terarah (guided interview) di mana peneliti menanyakan kepada subyek yang teliti berupa pertanyaan-pertanyaan yang menggunakan pedoman yang disiapkan sebelumnya. Pewawancara terikat dengan pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya sehingga suasana menjadi kurang santai.

2. Observasi
    Observasi merupakan suatu kegiatan mendapatkan informasi yang diperlukan untuk menyajikan gambaran riil suatu peristiwa  atau kejadian untuk menjawab pertanyaan penelitian, untuk membantu mengerti perilaku manusia, dan untuk evaluasi yaitu melakukan umpan balik terhadap pengukuran tersebut. Hasil observasi berupa aktivitas, kejadian, perstiwa, objek, kondisi atau suasana tertentu.
    Bungin (2007) mengemukakan berupa bentuk observasi, yaitu: 1) Observasi partisipasi, 2). Observasi tidak terstruktur, dan 3) .  Observasi kelompok. Berikut penjelasannya:

a. Observasi partisipasi adalah (participant observation) adalah metode pengumpulan data yang digunakan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan penginderaan di mana peneliti terlibat dalam keseharian informan.

b. Observasi tidak terstruktur  ialah pengamatan yang dilakukan tanpa menggunakan pedoman observasi, sehingga peneliti mengembangkan pengamatannya berdasarkan perkembangan yang terjadi di lapangan.

c. Observasi kelompkok yaitu pengamatan yang dilakukan oleh sekelompok tim peneliti terhadap sebuah isu yang diangkat objek penelitian.

3. Studi Dokumen 
    Studi dokumen merupakan metode pengumpulan data kualitatif sejumlah besar fakta dan data tersimpan dalam bhan yang berbentuk dokmentasi. Sebagian besar data berbentuk surat, catatan, harian, arsip, foto, hasil rapat, cenderamata, jurnal kegiatan dan ssebagainya. Bahan dokumentar terbagi beberapa macam, yaitu otobiografi, surat-surat pribadi, buku atau catatan harian, memorial, klipping, dokumen pemerintah atau swasta, data di server dan flashdisk, dan data tersimpan di website, dan lain-lain. Data jenis ini mempunyai sifat utama tak terbebas pada ruang dan waktu sehingga biasa dipakai untuk menggali informasi yang terjadi di masa silam.

4. Diskusi Kelompok Terarah
    Metode pengumpulan data ini lewat diskusi terpusat, yaitu usaha mengungkap makna sebuah masalah diri suatu diskusi kelompok yang terpusat, hal ini untuk menghindari pemaknaan yang salah maka dibuat kelompok diskusi. Dengan beberapa orang mengkaji sebuah masalah diharapkan akan diperoleh hasil pemaknaan yang lebih objektif dibandingkan pamaknaan menurut seorang individu yang menyabankan hasil pemaknaan tersebut subyektif.

Tekhnik dan Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment