BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian Malaikat, Nama Malaikat,Tugas dan Sifatnya

Pengertian Malaikat.

Malaikat berasal dari kata "Mala'ikat" merupakan kata jamak  yang berasal dari kata mufrad "Malak" yang berarti kekuatan. Dalam mengembang misi dan tugasnya malaikat juga disebut "ar-rusu" yang  berarti para utusan Allah. Malaikat diciptakan oleh Allah dari cahaya (nur) berdasarkan hadits Nabi Muhammad saw, "Malaikat telah diciptakan oleh Allah dari cahaya".
Iman kepada Malaikat adalah bagian dari rukun iman, iman kepada Allah maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu maakhluk yng Allah yang diciptakan.  Malaikat selalu taat kepada Allah dan mereka tidak pernah berdosa, dan tidak seorang pun tahu berapa jumlah malaikat hanya Allah lah yang tahu. Hanya saja ada  Malaikat yang diberikan tugas oleh Allah .

Nama dan Tugas-Tugas Malaikat

  1. Malaikat Jibril, bertugas menyampaikan wahyu dan mengajarkan kepada Nabi dan Rasul
  2. Malaikat Mikail, bertugas memberi rezki  kepada seluruh makhluk, menimbang hujan, angin dan juga bintang-bintang
  3. Malaikat Israfil, bertugas meup sangkakala
  4. Malaikat Izraail (Malakul maut) bertugas mencabut nyawa
  5. Malaikat Mungkar dan Nakir, bertugas memeriksa amal manusia di alam kubur
  6. Malaikat Rakib dan Atib, bertugas mencatat amal baik dan amal buruk
  7. Malaikat Malik, bertugas menjaga dan mengendalikan api neraka
  8. Malaikat Ridwan, bertugas menjaga pintu surga

Sifat-Sifat Malaikat

Disamping diberi tugas oleh Allah sebagai Malaikat, malaikat juga mempunya sifat-sifat sebagaimana yang tercantum yang tercantum dalam Al-Qur'an maupun yang teelah diceritakan di dalam hadits. Adapun sifat-sifat Malaikat sebagai berikut:
1. Selalu bertasbih siang dan malam dan ttidak pernah berhenti


وَلَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَمَنْ عِنْدَهُ لا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلا يَسْتَحْسِرُونَ (١٩) يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لا يَفْتُرُونَ (٢٠
 "Mereka Malaikat selalu bertasbih (beribadah kepada Allah) pada waktu malam dan siang hari tiada henti-hentinya".

2.  Suci dari sifat -sifat manusiadan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur,   bercanda, dan lain sebagainya.
3.  Selalu takut dan taat kepada Allah
4. Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkanNya.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."QS.At-Tahrim ayat 6)
5. Mempunyai sifat malu
   Nabi saw bersabda "Bagaimana aku tidak malu terhadap seorang laki-laki yang malaikat pun malu terhadapnya ".
6. Bisa terganggu dengan bau tidak sedap seperti anjing dan patung
   Nabi saw bersabda, " Barang siapa makan bawang putih, bawang merah, dan bawang bakung janganlah mendekati masjid kami, karena malaikat merasa sakit (terganggu) dengan hal-hal yang membuat manusia pun merasa sakit". (HR.Muslim)
7. Tidak makan dan minum 
8. Mampu mengubah wujudnya

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ مَرْيَمَ إِذِ انْتَبَذَتْ مِنْ أَهْلِهَا مَكَانًا شَرْقِيًّا (١٦)فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا (١٧
"Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Maryam di dalam kitab (Al Quran), yaitu ketika dia mengasingkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur (Baitulmaqdis),. Lalu dia memasang tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril) kepadanya, maka dia menampakkan diri di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna".(QS.Maryam ayat 16-17)

9. Memiliki kekuatan luar biasa dan kecepata cahaya
فَلَمَّا جَاءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِنْ سِجِّيلٍ مَنْضُودٍ
"Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi" (QS.Hud ayat 82)

Pengertian Malaikat, Nama Malaikat,Tugas dan Sifatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment