BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Sistem Panca Indra Ikan

Indra pada Ikan
Indra pada ikan yang berkembang dengan baik adalah indra penglihatan, pembau, dan pendengaran. Indra penglihatan ikan terletak di kedua sisi kepalanya. Bola mata ikan tidak dilindungi oleh kelopak, namun dilindungi oleh sel selaput tipis yang tembus cahaya. Ikan dapat melihat dengan jelas di dalam air karena baik air maupun kornea ikan membiasakan cahaya pada sudut yang sama. Sel-sel saraf penglihatan pada ikan terdiri atas sel-sel batang dan sel-sel kerucut. Adanya sel-sel batang menyebabkan ikan dapat melihat dengan jelas pada tempat yang kurang cahayanya. Ikan juga dapat melihat warna walaupun hanya sampai tahap tertentu. Warna merah dan kuning mudah dilihat ikan, tetapi warna hijau, biru, dan  hitam lebih  disulit dibedakan.
Mata ikan dapat berakomodasi dengan cara mengubah kedudukan lensa mata ke belakang (mundur) dan ke depan (maju). Gerakan ini dilakukan oleh otot kecil yang disebut retraktor lentis. Pada saat melihat benda dekat, otot retraktor lentis berelaksasi (mengendur) sehingga lensa bergerak ke depan. Sebaliknya, pada saat melihat benda jauh, retraktor lentis berkontraksi (mengerut) sehingga lensa tertarik ke belakang.
Indra pembau pada ikan juga berkembang dengan baik. Indra pembau tersebut terletak di ruang kecil tepat di depan mata. Dengan indra itulah ikan mencari makanan, menghindari musuh, dan menemukan pasangan untuk kawin.
Indra pendengar pada ikan mirip dengan telinga dalam manusia, dan tidak terlihat dari keluar karena terletak di dalam tengkorak. Telinga ikan membantu mendeteksi bunyi, menjaga keseimbangan tubuh ikan, dan membantu ikan merasakan perubahan kecepatan dan arah sewaktu berenang.
Ikan mempunyai indra tambahan yang disebut gurat sisi. Gurat sisi juga disebut indra keenam. Fungsi gurat sisi adalah untuk megetahui tekanan air. Selain itu, alat ini dapat mendeteksi gangguan  sekecil apapun di air sekitarnya. Gugat sisi  dengan tepat menentukan arah gangguan itu dan memberi kalau ikan hampir menabrak karang atau benda lain.
Sistem Panca Indra Ikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment