BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian,dan Asas Wawasan Nusantara

Pengertian,dan Asas Wawasan Nusantara - Secara goegrafis, Negara indonesia terletak diantara dua samudra, yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik, juga diantara dua benua yaitu benua Australia dan benua Asia. Bentuk wilayah Indonesia juga kepulauan sehingga disebut benua maritim Indonesia. Untuk mempersatukan Bangsa Indonesia diperlukan sebuah konsep geopolitik yang benar-benar cocok untuk Negara, dengan dasar ini, dikembangkan geopolitik nasional wawasan nusantara, geopolitik wilayah Indonesia adalah satu kesatuan yang satu yakni dari Sabang sampai Marauke dan wawasan nusantara adalah merupakan penerapan teori pilitik bangsa Indonesia. Salah satu kepentingan dalam kosep wawasan Nusantara (berdasarkan geopolitik) adalah mewujudkan tujuan Nasional yang diamanatkan pada pembukaan UUD 1945 sehingga hakikat wawasan Nusantara adalah keutuhan bangsa dan kesatuan wilayah Nasional.

A. Pengertian wawasan Nusantara

    Secara bahasa, wawasan Nusantara berasal dari kata wawasan dan Nusantara. Wawasan berarti cara pandang, cara melihat. Sedangkan Nusantara adalah kesatuan kepulauan yang terletak diantara dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia dan dua Samudra yaitu samudra hindia dan Samudra pasifik. Beradasarkan pengertian modern, kata Nusantara digunakan sebagai pengganti nama Indonesia.

     Wawasan Nusantara berarti cara pandang Indonesia tentang diri dan lingkungan berdasarkan ide Nasional yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, diartikan juga sebagai cara pandang, memahami, menghayati, bertindak dan berpikir sebagai hasil intraksi proses psikologis, sosiokultural dengan aspek "Astagatra" yang mencakup empat hal :
  1. Kedudukan Wawasan Nusantara. yaitu sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat agar tidak terjadi penyesatan dari penyimpanan dalam upaya mencapai nusantara menjadi landasan visional dalam  menyelenggarakan kehidupan Nasional
  2. Fungsi wawasan Nusantara adalah sebagai pedoman dan rambu-rambu dalam menentukan kebijaksanaan keputusan dan perbuatan bagi penyelenggara negara dipusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat indonesia.
  3. Tujuan wawasan nusantara adalah dapat dilihat dalam pemukaan UUD 1945, yaitu untuk melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia, serta untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial. jadi, tujuan wawasan Nusantara mewujudkan nasionalisme di segala aspek berkehidupan berbangsa dan bernegara lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan yang lain. 
  4. Pearanan wawasan nusantara dalam geopolitik adalah, mewujudkan persatuan dan kesatuan yang serasi selaras segenap aspek kehidupan Nasional, menumbuh kembangkan rasa tanggug jawab atas pemamfaatan lingkungan dan menegakkan kekuasaan guna melindungi kepentingan nasional serta merentangkan hubungan internasional dalam upaya ikut menegakkan perdamaian dunia.

B.    Asas Wawasan Nusantara.

       Adapun asas-asas yang terkandung dalam wawasan Nusantara sebagai berikut :
  1. Asas kepentingan bersama, asas ini terutama sekali pada saat menghadapi penjajah untuk merebut kemerdekaan. Setelah Indonesia merdeka asas ini merupakan asas untuk membangun dan mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan tujuan nasional sebagaimana dalam pembukaan UUD 1945.
  2. Asas Keadilan, asas ini tercermin dalam tata pergaulan dengan tidak merugikan para pihak dan tidak mengutamakan kepentingan pribadi atas kepentingan golongan/umum.
  3. Asas Kejujuran, yakni semua perbuatan sesuai dengan relita dan hukum.
  4. Asas Solidaritas, asas ini merupakan asas saling memahami dan saling menghargai antar sesama dengan tidak membedakan suku, ras, agama, golongan dan sebagainya.
  5. Asas Kerja Sama, yaitu menerapkan kebersamaan, gotong royong, ringan sama dijinjing berat sama dipikul.
  6. Asas Kesetiaan, yakni setia terhadap kesepakatan bersama.
Pengertian,dan Asas Wawasan Nusantara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment