BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengertian, Profil, dan Sifat-sifat Tanah

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam utama yang ada di planet bumi serta merupakan kunci kerberhasilan makhluk hidup. Tanah adalah lapisan tipis kulit bumi dan terletak paling luar. Tanah merupakan hasil pelapukan atau erosi batuan induk (anorganik) yang bercampur dengan bahan organik. Tanah mengandung partikel batuan atau mineral, bahan organik ( senyawa organik dan organisme ) air dan udara. Mineral merupakan unsur utama tanah. Pada umumnya mineral terbentuk dari padatan anorganik dan mempunyai komposisi homogen. Tanah terbentuk melalui proses alami dan berlangsung sangat lama. Selain itu terdapat hubungan antara perkembangan lapisan tanah dan perkembangan tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia. Jenis tanah memiliki perbedaan antara satu tempat dengan tempat lainnya.

 A.    Pengertian Tanah

       Tanah adalah kumpulan tubuh alam yang menduduki sebagian besar daratan planet bumi, yang mampu menumbuhkan tanaman dan sebagai tempat mahluk hidup lainnya dalam melangsungkan kehidupannya. Tanah mempunyai sifat yang mudah dipengaruhi oleh iklim, serta jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induk dalam jangka waktu tertentu.
      Menurut istilah, tanaha adalah hasil pelupikan batuan yang menduduki sebagian besardaratan permukaan bumi dan memiliki kemampuan untuk menumbuhkan tanaman serta menjadi tempat makhlik hidup dalam melansungkan hidupnya

B.     Profil tanah

       Profil tanah adalah merupakan lapisan-lapisan tanah tertentu yang menunjukkan tingkat kepadatan, ketebalan, warna, struktur yang berbeda-beda dan lapisan tanah tersbut itulah yang dikatakan horizon. Dan lapisan tanah tersebut akan menjadi beberapa horizon
                                
                                                                                                                                                                   a.    Horizon O, merupakan lapisan permukaan, terdapat banyak akar tanaman dan jasad renik tanak, lapisan ini berwarna gelap dan kaya akan humus.
b.    Horizon A, merupakan zona eluviasi yang masih mempunyai banyak humus, lapisan ini berwarna keabu-abuan dan lebih pusat. Warna pucat tersebut akibat banyaknya kandungan material yang hanyut bersama air hujan.
c.    Horizon B, merupakan zona akumulasi yang sedikit sekali lapisan humusnya. Disebut zona akumulasi karena lapisan ini merupakan tempat di endapkannya sebagiam mineral yang hanyut dari horizon A. apabila lapisan ini tidak basah, berbagai besi yang tertinggi akan teroksidasi sehingga berwarna coklat kuning, atau coklat kemerahan.
d.    Horizon C, merupakan zona terjadinya  pelapukan bahan induk tanah.
e.    Horizon R, merupakan zona bahan induk tanah (padas asli).

C .Sifat-sifat tanah

      Sifat tanah dibedakan berdasarkan warnanya, strukturnya, tekstur, dan derajat keasaman tanah.
a.    Warna tanah
    Warna tanah menentukan kandungan bahan organic maupun kimia, kandungan mineral, kandungan air, drainase, dan perkembangan tanah, biasanya warna yang berwarna gelap maka pertanda tanah itu subur.
b. Tekstur tanah.
   Berdasarkan kecilnya butir-butir tanah, tekstur tanah ini dapat dibedakan menjadi tiga kelas yaitu 
      tanah pasir, lempung, dan liat
c.  Struktur tanah
    Susunan butir-butir tanah yang saling mengikat sehingga membentuk kemantapan struktur. Ada 3       jenis struktur tanah tersebut yaitu :
1. Struktur tanah lepas, yaitu jika butir-butir tanah itu saling lepas
2.Struktur tanah remah, jika butir-butir tanah itu terikat membentuk agregrat-agregrat tanah sehingga tanah berpori-pori besar
3. Tanah berstruktur gump
c.  Konsistensi tanah
        Konsistensi tanah dalam reaksi tanah apabila mendapatkan perlakuan berupa tekanan (kompres). Konsistensi tanah dapat dibedakan menjadi :
a.    Tanah gembur/tanah kohesi, adalah tanah yang lepas-lepas
b.    Tanah yang sangat gembur, yang dapat dipecah dengan tenaga  tangan yang halus.
c.    Tanah gembur, yang dapat dipecahkan tenaga tangan yang lembut
d.   Tanah teguh, yang dapat dipecahkan dengan tenaga tangan yang sedang, terasa ada daya resistensi
e.    Tanah sangat teguh, yang dapat dipecahkan dengan tenaga tekanan yang kuat
f.    Ekstrem teguh, hanya dapat dipecahkan dengan tenaga tekanan yang amat besar dan pecah sedikit demi sedikit.
d.  Derajat kesamaan tanah.
      Derajat keasaman tanah, adalah ukuran aktivitas ion hydrogen dalam larutan air tanah.derajat kesamaan tanah menjadi tiga yaitu sebagai berikut :
a.    Tanah yang bersifat asam dan pH dibawah 6,5%
b.    Tanah bersifat netral dengan pH antara 6,6% - 7,5%
c.    Tanah yang bersifat basa dengan pH 7,6 % keatas
Tanah yang paling baik untuk pertanian adalah tanah yang netral, yaitu tidak terlalu asam dan tidak terlalu basa (alkalis)
Pengertian, Profil, dan Sifat-sifat Tanah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment