BLOG TENTANG : PENGERTIAN, MANFAAT, PENDIDIKAN, KESEHATAN, SERTA CARA, PETUNJUK DAN DO'A-DO'A

Pengerian Ilmu Tauhid dan Nama Lain Ilmu Tauhid




       1.Arti Iimu Tauhid   

-Tauhid menurut bahasa berasa dari kata
وَحَّدَ – يُوَحِّدُ – تَوْحِداً   
Yang berarti  "                                      
                       “ Meng-Esa-kan   
  •   Menurut arti harfiah, tauhid berarti mempersatukan berasal dari kata wahid  yang berarti satu
  •          Menurut para ahli ilmu tauhid diartikan ilmu yang membahas segala kepercayaan keagamaan dengan menggunakan dalil-dalil yang meyakinkan.
  •      Menurut definisi  : Ilmu tauhid ialah ilmu yang membicarakan tentang wujudnya Allah, sifat-sifat yang tidak ada pada-NYa. Dan membicarakan tentang rasul-rasul Allah , untuk menetapkan kerasulannya  dan mengetahui sifat-sifat yang mesti ada padanya, sifat-siat yang terdapat padanya
  •    Menurut istilah agama islam , tauhid ialah “ Keyakian tentang dalil-dalilnya yang menjurus pada kesimpulanbahwa tuhan itu satu. Disebut ilmu tauhid didalamnya termasuk soal-soal kepercayaan dalam agama Islam.
Firman Allah :

قُلْ هُوَاللهُ اَحَدٌ – اللهُ الصَّمَدٌ - لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ – وَلَمْ يَكُن ْلَهُ كُفُوًا اَحَدٌ
Artinya   :
“ katakanlah : Dialah Allah yang Maha Esa , Allah adalah tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu, Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia “.  Q.S. Al-Ikhlas ayat : 1-4
            Demikianlah bahwa Allah yang menguasai alam semesta ini, sudah pasti Dia Maha Esa, artinya tunggal , hanya satu tidak lebih. Jika sekiranya penguasa alam ini lebih satu, niscaya akan timbul perselisihan yang membawa kerusakan dan kehancuran.

2. NAMA-NAMA LAIN ILMU TAUHID

1.      Ilmu tauhid
Artinya Tauhid ialah percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa (Meng-Esakan Allah) dan tidak ada sekutunya. Dinamakan ilmu tauhid karenatujuannya ialah menetapkan ke Esaan Allah dalam zat dan perbuatanNya dalam menjadikan alam semesta dan hanya Allah- lah yang menjadi tempattujuan terakhir alam ini.
2.      Ilmu Aqa’id atau Aqa’idul iman
Aqa’id adalah ilmu ikatan kepercayaan, karena dalam pengetahuan ini ada pasal-pasal yang harus diikat, dibuhulkan dalam hati erat-erat , yang harus menjadi kepercayaan yang teguh.
3.      Ilmu Kalam
Ilmu kalam artinya ilmu pembicaraan, karena membicarakan pengetahuan-pengetahuan akan menjadi jelas, dan dengan pembicaraan yang tepat. Menurut undang-undang berarti membicarakan kepercayaan yang benar dan dapat ditanamkan dalam hati manusia.
Disebut ilmu kalam sebab dalam ilmu tauhid pembahasannya yang paling berat. dan paling banyak menjadi bahan diskusi dan musyawarah ialah sifat Kalam pada Allah SWT.
4.      Ilmu Ushuluddin
Ilmu ushuluddin ialah yang membahas pokok-pokok agama. Dinamakan demikian karena memang soal kepercayaan itu betul-betul menjadi dasar pokok dari pada soal-soal yang lain dalam agama.
5.      Ilmu Hakikat
Ilmu Hakikat berarti ilmu sejati, karena ilmu ini menjelaskan  hakikat segala sesuatu , sehingga dapat menyakini kepercayaan yang benar (hakiki)
6.      Ilmu Ma’rifat
                   Disebut ilmu Ma’rifat karena dengan pengetahuan ini dapat mengetahui benar-benar  
                   akan Allah dan segala sifat-sifatNya dan dengan keyakinan yang teguh


Pengerian Ilmu Tauhid dan Nama Lain Ilmu Tauhid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ilmusaudara.com

0 comments:

Post a Comment